Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK: Di Jabar, Ekspansi Kantor Cabang Baru Bank Tergolong Tinggi

Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 2 Jawa Barat menilai ekspansi pembukaan kantor cabang baru di wilayah Jawa Barat masih tergolong tinggi di tengah kondisi kurang menguntungkan bagi industri perbankan saat ini.
Abdalah Gifar
Abdalah Gifar - Bisnis.com 15 September 2014  |  20:27 WIB
Pelaku perbankan yang menyasar pangsa pasar UMKM.  - Bisnis.com
Pelaku perbankan yang menyasar pangsa pasar UMKM. - Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG—Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 2 Jawa Barat menilai ekspansi pembukaan kantor cabang baru di wilayah Jawa Barat masih tergolong tinggi, di tengah kondisi kurang menguntungkan bagi industri perbankan saat ini.

Sabil, Deputi Direktur Perizinan, Informasi, dan Dokumentasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat mengatakan pertumbuhan kantor cabang di Jabar masih tinggi seiring pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat yang relatif tinggi.

OJK Kantor Regional 2 Jawa Barat mencatat hingga Agustus 2014, jumlah kantor cabang baru di Tanah Pasundan yang telah memperoleh izin mencapai 22 kantor cabang.

“Ada 21 kantor cabang baru dari bank konvensional dan 1 kantor cabang baru dari bank syariah yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di wilayah Jabar. Selain itu, masih ada yang prosesnya masih berjalan,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (15/9/2014).

Dia menuturkan faktor jumlah penduduk Jabar yang mencapai sekitar 40 juta merupakan potensi paling besar dan menjadi peluang tersendiri bagi pelaku industri perbankan yang beroperasi di Tanah Air.

“Selain itu, sumber dana dan penyaluran kredit, terutama untuk UMKM, potensinya relatif besar, sehingga bank melihat itu peluang sangat bagus untuk masuk dan bersaing di Jawa Barat,” tuturnya.

Dengan banyaknya pelaku perbankan yang menyasar pangsa pasar UMKM, menurut dia, akan menguntungkan para pelaku UMKM karena dampak persaingan tersebut.

“Saya melihat dari sisi positifnya. Mereka bersaing di sana akan memberikan pelayanan semakin bagus dan harga kredit pun kan semestinya bersaing untuk lebih menguntungkan UMKM,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otoritas jasa keuangan kantor cabang
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top