Ini Tips Keuangan Bagi Pecinta Olahraga Lari

Akhir-akhir ini, lari menjadi olahraga yang digemari. Tidak hanya masyarakat menengah ke bawah, namun masyarakat menengah ke atas pun menikmati olah raga yang satu ini.
Tisyrin Naufalty Tsani | 02 November 2014 02:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Akhir-akhir ini, lari menjadi olahraga yang digemari. Tidak hanya masyarakat menengah ke bawah, namun masyarakat menengah ke atas pun menikmati olah raga yang satu ini.

Dengan perkembangan teknologi, banyak produk dibuat untuk mengurangi kecelakaan dan ketidaknyamanan dalam olah raga lari. Namun, terkadang harga yang ditawarkan lumayan mahal, sehingga butuh strategi untuk mempersiapkannya.

Sepatu, baju dan celana lari merupakan perlengkapan yang rasanya wajib dalam olah raga ini. Sebenarnya masih ada perlengkapan lain yang dibutuhkan dalam olah raga ini, seperti jam tangan, kaca mata dan aplikasi di smart phone anda.

Di toko-toko olah raga, sepatu lari kualitas cukup baik dibandrol dengan harga minimal diatas satu juta rupiah. Baju dan celana lari pun harganya tidak kalah jauh dengan harga sepatu tersebut.

“Mungkin bagi anda yang memiliki kantong tebal, itu semua tidak masalah. Namun bagi anda yang memiliki kantong yang pas-pasan, membeli sekaligus perlengkapan tersebut akan langsung mengacaukan cash flow kita,” kata perencana keuangan Jayadin R Binaardi melalui situs resmi PT Zapfindo Arzieta Perdana (ZAP Finance) seperti dikutip Bisnis, Sabtu (1/11/2014) 

Jayadin pun berbagi tips keuangan untuk Anda yang ingin mendalami olah raga lari ini namun memiliki kantong pas-pasan.

Budget

Anggarkan pembelian perlengkapan tersebut. Jika memasukan lari sebagai salah satu life style Anda, maka untuk membeli perlengkapan menggunakan budget life style anda.

Biasanya budget life style ini besarnya 5-10 % penghasilan bulanan. Jangan sampai anda menggunakan budget lain, jika terpaksa maka segera ganti uang terpakai tersebut dari budget life style bulan yang akan datang.

Kecuali jika olah raga ini merupakan pos pemasukan, maka dapat menggeluarkan uang dari pos budget biaya hidup sebagai pengeluaran operasional bulan.

Mencicil dan menabung

Jika belum mempunyai budget life style, maka Anda dapat mencicilnya. Mencicil bukan berarti kita membeli semua itu dengan secara kredit menggunakan kartu kredit, namun membeli perlengkapan tersebut secara satu persatu.

Misalkan bulan ini membeli sepatu dulu, bulan depan atau dua-tiga bulan lagi baru beli baju dan celana. Jangan memaksakan untuk membeli perlengkapan tersebut jika kita tak mempunyai anggaran yang cukup.

Gunakan yang ada

Tidak ada salahnya menggunakan yang mungkin telah Anda punya sebelumnya, misalkan sepatu dan baju celana olahraga biasa sambil menantikan rezeki untuk membeli perlengkapan lari yang baik.

Memang akan rawan cidera dan tidak nyaman, namun hal tersebut akan jauh lebih baik daripada memaksakan yang akan membuat Anda kesulitan di masa depan. Yang terpenting adalah berlari bukan untuk bergaya, namun untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

 

Tag : olahraga, lomba lari, tips keuangan
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top