Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI: Kualitas Kredit Bakal Terjaga

Bank Indonesia memprediksikan rasio kualitas kredit bermasalah (non performing loan/NPL) bakal turun di bawah 2% pada tahun ini.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 20 Januari 2015  |  02:49 WIB
Bank Indonesia memprediksikan rasio kualitas kredit bermasalah (non performing loan/NPL)  bakal turun di bawah 2% pada tahun ini. - JIBI
Bank Indonesia memprediksikan rasio kualitas kredit bermasalah (non performing loan/NPL) bakal turun di bawah 2% pada tahun ini. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia memprediksikan rasio kualitas kredit bermasalah (non performing loan/NPL)  bakal turun di bawah 2% pada tahun ini.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah mengklaim pertumbuhan ekonomi pada tahun ini pun akan lebih dari tahun sebelumnya. Tahun ini, bank sentral memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,6%-5,8%.

Pada 2014, BI memprediksikan pertumbuhan ekonomi kisaran 5,1%. Halim menilai fundamental Indonesia cukup kuat sehingga terjadi perbaikan investasi di  dalam negeri. Hal tersebut akan meningkatkan laju kredit.

"Kredit tahun ini lebih tinggi daripada tahun lalu, NPL mungkin akan turun di bawah 2%,"  ucapnya, baru-baru ini.

Halim yang juga menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ex Officio Bank Indonesia menyebutkan proyeksi pertumbuhan kredit industri perbankan akan di kisaran 14%-17%. Namun rata-rata pertumbuhan laju fungsi intermediasi yang disampaikan rencana bisnis bank (RBB)  mencapai 16,5%.

Kendati demikian, BI menilai ada komoditas yang mencatatkan pelemahan sedang dipantau yakni batubara. Menurutnya, harga komoditas melemah dan mengalami pemburukan. Halim mengungkapkan tidak semua perusahaan batubara tidak terkena dampak dari pelemahan harga komoditas.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia bi npl
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top