Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nasabah Perbankan Dominasi Pengaduan Layanan Konsumen OJK

Pengaduan yang diterima Layanan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan didominasi oleh nasabah perbankan.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 21 Januari 2015  |  18:50 WIB
jenis pengaduan yang mendominasi dari nasabah perbankan ini antara lain berupa masalah agunan dan alat pembayaran menggunakan kartu.  - Bisnis.com
jenis pengaduan yang mendominasi dari nasabah perbankan ini antara lain berupa masalah agunan dan alat pembayaran menggunakan kartu. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pengaduan yang diterima Layanan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan didominasi oleh nasabah perbankan.

Menurut data OJK per 16 Januari 2015, layanan ini telah memberikan 31.553 layanan yang terdiri dari 4.244 penyampaian informasi, 24.191 pertanyaan, dan 3.118 pengaduan.

Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Soetiono mengatakan dari 3.118 pengaduan yang disampaikan ke otoritas, sekitar 800 hingga 900-an yang berasal dari nasabah perbankan.

"Ini karena jumlah nasabah perbankan lebih banyak dari investor pasar modal dan nasabah asuransi," ucapnya.

Kusumaningtuti menjelaskan jenis pengaduan yang mendominasi dari nasabah perbankan ini antara lain berupa masalah agunan dan alat pembayaran menggunakan kartu.

"Kami ada koordinasi dengan Bank Indonesia untuk pengaduan yang bukan kewenangan kita untuk menyelesaikan, seperti masalah mengenai APMK," lanjutnya.

Ke depan, OJK berencana menambah mobil edukasi sebanyak 21 unit untuk di tempatkan di kantor-kantor cabang yang belum memiliki fasilitas tersebut. Mobil ini akan melayani pengaduan hingga ke pelosok Tanah Air. Saat ini, mobil edukasi dan layanan OJK berjumlah 20 unit.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ojk
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top