Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekspansi ke Malaysia, BNI Siapkan Modal 300 Juta Ringgit

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menyatakan siap membuka lini usaha di Malaysia menyusul perjanjian bilateral antara Otoritas Jasa Keuanagn (OJK) dan Bank Indonesia (BI) dengan Bank Negara Malaysia (BNM).
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 23 Januari 2015  |  18:56 WIB
BNI - Bisnis.com
BNI - Bisnis.com
Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menyatakan siap membuka lini usaha di Malaysia menyusul perjanjian bilateral antara Otoritas Jasa Keuanagn (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM).
 
Gatot M. Suwondo, Direktur Utama BNI, mengatakan perseroan menyiapkan dana hingga 300 juta ringgit Malaysia sebagai syarat pendirian bank komersial di Negeri Jiran tersebut. "Ketentuannya di sana subsidiary (anak usaha), modal kita siapkan, bisa dicicil," ujarnya di Hotel Sultan, Jumat (23/1/2015).
 
Kendati menyatakan siap, BNI belum mengajukan izin ke BNM.
 
Sebelumnya, Indonesia dengan Malaysia telah menekan perjanjian bilateral yang memungkinkan penerapan asas resiprokal bahwa bank asal Indonesia akan diperlakukan sebagai bank domestik di Malaysia.
 
Di Malaysia, BNI membidik segmen korporasi dan ritel. Gatot menyebut, anak usaha di Malaysia nantinya akan menjembati kepentingan bisnis antara dua negara. "Kita jembatani pebisnis yang mau ekspansi, dari sana kita jembatani investor," jelasnya.
 
Operasional semacam ini telah dilakukan BNI di Jepang melalui unit BNI Japan Desk. BNI memiliki cabang di Tokyo dan Osaka sebagai sarana kerja BNI Japan Desk.
 
Selain segmen korporasi, BNI juga berencana menyasar segmen ritel karena potensi pasarnya cukup menjanjikan. Pasalnya, di Malaysia populasi penduduk Indonesia yang bekerja maupun menempuh studi terbilang banyak.
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni ekspansi malaysia
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top