Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lembaga Jasa Keuangan Diingatkan Adopsi ISO 20022

Koperasi yang melayani platfom lalu lintas uang ke seluruh dunia The Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) mengingatkan lembaga jasa keuangan di Indonesia untuk segera menerapkan standar keuangan terintegrasi lintas perbatasan.

Bisnis.com,JAKARTA-- Koperasi yang melayani platfom lalu lintas uang ke seluruh dunia The Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) mengingatkan lembaga jasa keuangan di Indonesia untuk segera menerapkan standar keuangan terintegrasi lintas perbatasan.

Toni Dinoto, Country Head SWIFT Indonesia menjelaskan lembaga jasa keuangan (LJK), korporasi hingga lembaga sekuritas yang melayani transaksi lintas perbatasan perlu mengadopsi standar internasional (ISO) 20022 bidang keuangan karena akan menjadi layanan standar di seluruh dunia pada 2020.

"Apalagi Masyarakat Ekonomi Asean menyepakati sistem yang terintegrasi pada 2020," jelas Toni di Jakarta, yang dikutip Rabu (27/5/2015).

Menurut Toni, Indonesia perlu persiapan lebih dini dikarenakan luasnya wilayah geografis. Dengan lebih 17.000 pulau, maka permasalahan di Indonesia lebih komplek terutama penerapan standar yang diperlukan sesuai dengan modul yang telah ditetapkan untuk melayani keuangan lintas perbatasan.

"Jika dimulai sekarang saya rasa masih sempat," katanya.

Toni yang sebelumnya bekerja pada JP Morgan Chase Bank menambahkan perlunya Adopsi ISO akan membuat integrasi elemen pembayaran lebih mudah.

Adopsi standar juga membuat tantangan seperti beragamnya proses yang sudah ada, aturan, mata uang dan mekanisme yang berlaku dapat teratasi.

Bernard Woodruff, Commercial Manager Asean Swift menambahkan di regional Asean standar ini tengah di adopsi oleh pemerintah Brunei. Sedangkan Malaysia dan Singapura telah mengadopsi standar ini.

Ia menambahkan dengan standar inj industri keuangan dapat menerapkan siapa yang menjadi customer (know your customer) dengan sebuah standarisasi sistem keuangan yang terintegrasi.

SWIFT adalah perusahaan koperasi industri keuangan yang dikelola oleh lebih dari 60.000 industri keuangan di dunia, dengan produk berupa platform, layanan komunikasi yang menghubungkan lebih dari 10.800 organisasi perbankan, lembaga sekuritas dan pelanggan korporat di 200 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Sedangkan di Indonesia sendiri Bank Mandiri, BNI, BCA dan BRI adalah industri keuangan yang ikut memiliki SWIFT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper