Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Ini 6 Kepahitan Hidup Orang Kaya

Orang kaya tidak bisa satu kali menjadi kaya. Oleh karena itu sebelum anda ingin menjadi kaya lebih baik mempelajari kebijaksanaan.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis

Kadang kita bermimpi suatu saat ingin menjadi kaya. Sepuluh tahun lalu saya mengalaminya. Saat itu saya bekerja di salah satu perusahaan IT terbesar di dunia. Kantornya di sebelah Plaza Senayan.

Sejak itu perasaan berubah total. Pikiran yang biasanya rajin mengerjakan sesuatu, langsung melirik showroom Mobil BMW. Loh duit belum seberapa kok cari BMW?

Inilah 6 kepahitan hidup orang kaya.

1. Orang kaya tidak bisa satu kali menjadi kaya. Ada pepatah hidup jatuh bangun maksudnya sesudah kaya ya jatuh miskin. Betul. Kenapa? Berapa pun income anda kalau pengeluarannya sebesar income ya pasti habis.  Hidup bukan satu miliar dibagi mie instan. Tidak. Tetapi semuanya seperti di kalkulator. Income US$5.000 per minggu kalau dipakai beli tiket US$800, nginap di hotel US$700, beli kamera US$500, beli jam tangan US$2.400, ya habis juga. Semuanya hanya angka-angka. Padahal dulu gaji Rp600.000 juga cukup. Oleh karena itu sebelum anda ingin menjadi kaya lebih baik mempelajari kebijaksanaan.

2. Bila semua orang ingin belanja shopping, lalu bagaimana caranya supaya stop shopping?
Walaupun uang seberapa banyak tetap barang di Plaza Senayan belum habis. Belanja terus. Sampai semua jenis mainan di Kid's Station dibeli. Akibatnya mainan di rumah seperti di toko saja, lengkap dengan dusnya. Sebenarnya tidak masalah anda shopping tapi semua teman-teman ikut shopping.

3. Bila semua orang ingin berkuasa, bagaimana caranya setelah pensiun berkuasa?
Pertama yang terjadi setelah orang pensiun adalah memarahi istri yang dianggap sekretaris saja. Post power syndrome itu seperti film Stephen Hawking yang bercerita: Dulu aku mahasiswa, dulu aku professor, sekarang tolong dorong kursi rodaku.

4. Bila hidup tidak hanya menyangkut uang bagaimana caranya membayar kebahagiaan?
Sudah beli Nissan Terrano, Opel Blazer, Starlet, Honda Civic, BMW, Escudo, Suzuki Katana, Chevrolet Captiva, Toyota Camry, kok semua rasanya sama. Begitu lihat Toyota Land Cruiser, kok pengen.

5. Bila hidup mengejar-ngejar masalah lalu apa yang dikerjakan bila tidak ada masalah?
Perasaan berada di atas itu kesepian.Mau mengajak berenang, semua teman sibuk. Mau mengajak nonton TV kabel, eh satpamnya dipanggil komandan. Mau main bowling, kok sendirian.

6. Akhirnya pengin coba tidur gak bangun bangun. Tidur terus selama mungkin. Tapi ternyata di pintu sorga ada peraturan di sebelah kiri: HIDUP BUKAN UNTUK ANDA, sebelah kanan: JANGAN PERNAH MAKAN SENDIRIAN.

Di dunia juga banyak masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Biar deh duit gak usah banyak-banyak asal bisa amal ilmu. Hidup untuk memikirkan orang lain.

Penulis:
Goenardjoadi Goenawan
Penulis 10 buku buku manajemen
Trainer dan konsultan mengenai membuka paradigma baru tentang uang
goenardjoadi @ gmail.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper