Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bunga Kredit Naik Lebih Tinggi Dibanding Bunga Deposito

Industri perbankan mencatat kenaikan bunga kredit yang lebih tinggi dibandingkan bunga deposito dalam kurun waktu terakhir.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 09 Juli 2015  |  15:14 WIB
Bunga Kredit Naik Lebih Tinggi Dibanding Bunga Deposito
suku bunga
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Industri perbankan mencatat kenaikan bunga kredit yang lebih tinggi dibandingkan bunga deposito dalam kurun waktu terakhir.

Berdasarkan data statistik ekonomi dan keuangan Bank Indonesia, per Mei 2015 rata-rata bunga kredit perbankan mengalami kenaikan 20 basis poin dibandingkan dengan posisi Mei 2014. Kenaikan paling tinggi terjadi pada kredit konsumsi yang naik 50 bps menjadi 13,76%.

Sementara itu, kredit untuk modal kerja mengalami kenaikan 9 bps menjadi 12,72%. Adapun, untuk kebutuhan investasi, bunga kredit perbankan naik 12 bps menjadi 12,30%.

Di sisi lain, kenaikan bunga deposito dalam kurun waktu setahun terakhir didorong oleh kenaikan bunga deposito dengan tenor di atas 3 bulan sedangkan deposito tenor 1 dan 3 bulan mengalami penurunan.

Data statistik menunjukkan, rata-rata bunga deposito naik 12 bps menjadi 8,54%. Bunga deposito untuk tenor 1 dan 3 bulan masing-masing turun 31 bps dan 40 bps menjadi 7,85% dan 8,50%. Sementara itu, kenaikan bunga deposito dengan tenor di atas 3 bulan naik antara 4 bps - 109 bps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suku bunga deposito bunga kredit
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top