Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei: Kredit Perbankan Menguat Kuartal III/2015

Bank Indonesia menyatakan responden memperkirakan pertumbuhan kredit baru akan menguat pada kuartal III/2015.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menyatakan responden memperkirakan pertumbuhan kredit baru akan menguat pada kuartal III/2015.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengatakan perkiraan membaiknya kondisi ekonomi Indonesia dan meningkatnya kecukupan modal bank menjadi faktor utama yang mendorong optimisme penyaluran kredit pada kuartal III/2015.

Di sisi lain, rata-rata suku bunga kredit rupiah pada kuartal III/2015 diperkirakan meningkat akibat kenaikan suku bunga dana dan tingginya risiko penyaluran kredit.

"Meskipun diperkirakan meningkat pada kuartal III/2015, pertumbuhan triwulanan kredit baru pada kuartal II/2015, berdasarkan hasil survei, tidak setinggi periode yang sama tahun sebelumnya," ujarnya dalam Survei Perbankan Kuartal II/2015, Jumat (10/7/2015).

Hal tersebut, lanjutnya, juga tercermin dari kenaikan persentase responden yang tidak mencapai target kredit dari 67,4% menjadi 73,3%.

Tirta menuturkan secara keseluruhan tahun 2015, optimisme responden terhadap pertumbuhan kredit mengalami penurunan dibandingkan dengan hasil survei triwulan sebelumnya.

Pada kuartal II/2015, responden melakukan revisi target pertumbuhan kredit 2015 menjadi sebesar 12,2% (y-o-y), lebih rendah dari 17,1% (y-o-y) pada survei kuartal sebelumnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper