Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Tingkatkan Literasi Jasa Keuangan di 3 Kabupaten Provinsi Riau

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau berupaya untuk meningkatkan literasi jasa keuangan di tengah masyarakat Riau, dengan menyiapkan program sosialisasi di tiga kabupaten di daerah tersebut.

Bisnis.com, PEKANBARU – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau berupaya untuk meningkatkan literasi jasa keuangan di tengah masyarakat Riau, dengan menyiapkan program sosialisasi di tiga kabupaten di daerah tersebut.

Kepala Perwakilan OJK Provinsi Riau Muhammad Nurdin Subandi mengatakan pihaknya telah menggelar satu kegiatan sosialisasi literasi jasa keuangan di Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau beberapa waktu lalu dan menyusul dua kabupaten lain pada akhir November mendatang.

“Kami sudah rencanakan sosialisasi literasi jasa keuangan di Kota Dumai akhir November ini, kalau di Meranti kemarin kami sudah datang ke 10 SMP dan 10 SMA dengan kerja sama satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) setempat,” katanya kepada Bisnis, Rabu (4/11).

Pada kegiatan sosialisasi ini, OJK Riau menggandeng akademisi Universitas Riau di setiap wilayah yang dituju. Untuk selanjutnya, OJK telah membicarakan rencana kerja sama yang lebih baik dengan menggandeng sektor jasa keuangan secara keseluruhan mulai dari perbankan, asuransi, hingga multi finance.

Selain itu OJK Riau juga telah membicarakan rencana menggandeng PT Bursa Efek Indonesia perwakilan Riau guna memberikan materi pengenalan investasi saham kepada masyarakat sehingga dapat mengetahui seluk-beluk investasi yang benar dan dilindungi oleh undang-undang di Tanah Air.

Beragam langkah sosialisasi yang dilakukan OJK Riau ini kata Subandi, adalah langkah pemerintah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat kepada layanan jasa keuangan yang saat ini beroperasi.

“Karena sampai saat ini kami akui literasi layanan jasa keuangan atau pemahaman masyarakat pada sektor ini belum maksimal. Kami contohkan layanan terbaru perbankan nasional yaitu tabungan Simpel atau simpanan pelajar, itu sangat bermanfaat bagi siswa kalau dia memahaminya,” katanya.

Sementara itu Kepala PT Bursa Efek Indonesia Cabang Pekanbaru Emon Sulaeman mengatakan pihaknya memang telah berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman masyarakat setempat akan perlunya investasi yang aman dan dijamin oleh pemerintah.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pemahaman itu kepada masyarakat khususnya tentang investasi saham dan pasar modal, jadi kami memang rencananya akan ikut dalam program kerja OJK di Dumai nanti,” katanya.

Dukungan pihaknya dalam kegiatan tersebut kata Emon, dikarenakan Kota Dumai juga menjadi salah satu daerah terbesar dalam peminat investasi pasar modal atau saham di Riau, yaitu terbesar kedua setelah Kota Pekanbaru.

Pada kegiatan tersebut nantinya PT BEI akan memberikan materi dasar tentang pengenalan pasar saham, pasar modal yang ditargetkan diikuti oleh berbagai kalangan mulai pebisnis lokal, mahasiswa, pelajar, dan guru setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper