Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Mengapa Mesti Silau dengan Harta?

Sering kita merasa silau akan harta kekayaan. Dan kita pun minder dan sering salah sangka menganggap harta itu sombong, harta itu pongah, keras hati dan tidak peka terhadap orang lain.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis

Sering kita merasa silau akan harta kekayaan. Dan kita pun minder dan sering salah sangka menganggap harta itu sombong, harta itu pongah, keras hati dan tidak peka terhadap orang lain. Segala macam musuh cinta dilekatkan kepada harta.

Itu timbul karena kita salah lihat. Ya, seperti kucing melihat anjing dan anjing melihat kucing.

Untuk bisa memahami hubungan relationship dengan sumber kekuasaan membutuhkan waktu lama. Lebih cepat Anda bisa mengajak bicara tetua nenek atau kakek apa rahasia kekayaan?

Bagi yang mengerti, ya memang kekayaan itu penting namun banyak sekali hal-hal yang lebih tinggi daripada uang. Kalau kita bisa merunutnya maka kita pun bisa mengalami pertukaran dengan sumber kekuasaan dan hasilnya uang yang berlimpah.

Satu hal banyak cerita Cinderella. Cinderella complex itu menunjukkan bahwa banyak hal yang lebih bernilai daripada uang. Bagi Sang Pangeran dia mencari cinta Sejati.

Bagi harta orang kaya, ada pendapat bahwa masalah itu mudah kalau bisa dibayarkan dengan uang. Kelak kita tahu banyak sekali permasalahan yang tidak bisa dibayarkan dengan uang. Misalnya bakti kasih sayang anak kepada orang tuanya.

Kesadaran anak-anak akan kebijaksanaan hidup adalah hal yang tidak mudah. Dan kebanyakan orang kaya dibekali beban itu. Sungguh Tuhan itu adil bahwa kebijaksanaan lebih dekat kepada orang miskin.

Penulis
Goenardjoadi Goenawan
Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen, termasuk "Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang", "Money Intelligent: Rahasia Kaya, Mulai Berbisnis" yang baru terbit. goenardjoadi @ gmail.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper