Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sumut Siap Salurkan KUR Rp724 Miliar

Untuk mendukung pengusaha mikro, PT Bank Sumut siap menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp724 miliar.
Bank Sumut. /Bisnis.com
Bank Sumut. /Bisnis.com

Bisnis.com, MEDAN - Untuk mendukung pengusaha mikro, PT Bank Sumut siap menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp724 miliar.

Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting mengatakan Ester mengatakan Bank Sumut akan meluncurkan program KUR di Juni 2016. Adapun penyaluran KUR Bank Sumut atas kerja sama dengan Kuasa Penggunaan Anggaran.

Dia mengungkapkan keterlibatan Bank Sumut dilakukan untuk mempercepat akses keuangan kepada pelaku usaha mikro. Menurut Ester, saat ini Bank Sumut tengah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam penyaluran KUR. Adapun nilai penyaluran KUR oleh Bank Sumut diproyeksi hingga Rp724 miliar.

“Kita sangat bersyukur dapat segera menyalurkan KUR. Artinya Bank Sumut dapat secepatnya membantu pemerintah dalam memberikan akses pembiayaan kepada para pelaku usaha kecil,” tulis Ester dalam keterangan resmi, Senin (6/6/2016).

Sebelumnya, Bank Sumut pernah terlibat menjadi bank penyalur KUR pada 2012 dengan realisasi penyaluran KUR pada saat itu adalah sebesar Rp88,1 miliar. Lalu pada 2013, realisasi KUR Bank Sumut meningkat hampir dua kali lipat dengan outstanding sebesar Rp195,5 miliar.

Lalu pada 2014, Bank Sumut juga menyalurkan KUR sebesar Rp114,2 miliar dengan outstanding sebesar Rp222,4 miliar jauh melampaui target yang diberikan yaitu hanya sebesar Rp50 miliar. Adapun rasio kredit bermasalah (NPL) KUR Bank Sumut sampai akhir 2014 sempat menembus 5%. Walakin, penyaluran KUR pada 2015 melalui Bank Sumut dihentikan.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UKM, Bramansetyo menuturkan persyaratan perbankan dalam rangka menjadi penyalur KUR. Pertama adalah lolos dari penilaian Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kedua, harus menggunakan sistem online dengan perusahaan penjaminan. Ketiga, harus memiliki sistem online dengan sistem informasi kredit program.

Bramansetyo mengatakan pada tahap awal ada 15 perbankan yang ikut menandatangani perjanjian kerja sama pembiayaan, di antara bank-bank tersebut telah mulai menyalurkan KUR sejak awal 2016. Tahap selanjutnya akan ada 21 bank dan 4 lembaga pembiayaan yang ikut serta dalam penyaluran KUR.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper