Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sumut Raih Penghargaan Bintang 5 TOP BUMD Awards 2024

Penghargaan itu merupakan wujud apresiasi peningkatan berkelanjutan kinerja Bank Sumut selama 5 tahun berturut-turut.
Pesawat melintas di atas atap gedung PT Bank Sumut, di Medan, Sumatra Utara./Bisnis-Andi Rambe
Pesawat melintas di atas atap gedung PT Bank Sumut, di Medan, Sumatra Utara./Bisnis-Andi Rambe

Bisnis.com, MEDAN - PT Bank Sumut menyabet penghargaan sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bintang 5 dalam ajang TOP BUMD Awards 2024. Penghargaan BPD Bintang 5 merupakan level tertinggi dalam ajang tahunan yang digelar Majalah Top Business.

Direktur Utama Bank Sumut Babay Parid Wazdi mengatakan, penghargaan yang diserahkan di Jakarta pada Rabu (20/3/2024) merupakan wujud dari peningkatan berkelanjutan kinerja Bank Sumut selama 5 tahun berturut-turut, mulai dari peningkatan laba dan aset hingga penurunan NPL atau kredit macet. 

Penghargaan Bintang 5 itu, lanjutnya, menjadi pegangan Bank Sumut untuk terus memberi pelayanan jasa perbankan yang lebih baik ke depan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah Bank Sumut karena penghargaan itu pada intinya apresiasi atas kinerja kita, di mana kinerja itu di-support oleh para nasabah, para pemegang saham kami baik pemerintah provinsi maupun kabupaten kota. Apresiasi ini menjadi penyemangat kita untuk bekerja lebih baik lagi," kata Babay di Medan, Sabtu (23/3/2024).

Dalam catatan Bisnis.com, Bank Sumut berhasil membukukan laba bersih Rp740 miliar pada 2023, meningkat dari Rp700,7 miliar pada 2022 dan Rp613,5 miliar pada 2021.

Peningkatan laba Bank Sumut juga diikuti dengan peningkatan aset yang pada 2023 tumbuh 9,40% secara tahunan (year-on-year/YoY) dari Rp40,6 triliun di 2022 menjadi total Rp44,4 triliun pada Desember 2023.

Adapun, kualitas kredit Bank Sumut yang tercermin dari rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) tercatat pada level rendah, yakni 2,38% (YoY) pada 2023 dari 2,62% pada 2022.

Babay optimsitis Bank Sumum mampu menurunkan NPL hingga ke level 2,19% pada 2024. 

Dalam malam penganugerahan TOP BUMD AWARDS 2024 itu Babay Parid Wazdi selaku Direktur Utama Bank Sumut juga diganjar penghargaan TOP CEO BUMD 2024.

Penghargaan juga diraih Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin sebagai TOP Pembina BUMD 2024.

"Harapan kami ke depan Bank Sumut terus tumbuh lebih baik lagi. Kami juga akan terus mempererat kerja sama dengan pemerintah, ASN, juga pengusaha di Sumut ini, baik dari yang kecil, menengah maupun yang besar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :
Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper