Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSM Luncurkan Pembayaran Online Berbasis Masjid

Bank Syariah Mandiri (BSM) meluncurkan layanan payment point online bank (PPOB) atau Penyedia Jasa Pembayaran Online berbasis masjid di Masjid Salman Institut Teknologi Bandung, Minggu (18/9/2016).
Bank Syariah Mandiri. /Bisnis.com
Bank Syariah Mandiri. /Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG—Bank Syariah Mandiri (BSM) meluncurkan layanan payment point online bank (PPOB) atau Penyedia Jasa Pembayaran Online berbasis masjid di Masjid Salman Institut Teknologi Bandung, Minggu (18/9/2016).

Dalam program layanan ini, BSM berlaku sebagai bank settlement, sementara masjid berperan sebagai loket pembayaran atau payment point. Tak hanya memudahkan jemaah, layanan PPOB juga bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masjid.

Direktur Distribusi dan Layanan BSM Edwin Dwidjajanto mengatakan layanan tersebut sejalan dengan salah satu misi perusahaan, yakni meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

Misi itu tertuang dalam program BSM, Masjid Wiramandiri, yaitu program yang bertujuan mendorong dan membantu masjid untuk memiliki layanan yang membuat masjid tersebut makin ramai dikunjungi masyarakat serta mampu mendatangkan penerimaan hasil usaha.

“Kami ingin meningkatkan kemakmuran masjid melalui pemberdayaannya, bukan tidak mungkin masjid bisa mandiri menghidupi dirinya sendiri melalui income yang dihasilkan dari margin transaksi PPOB ini,” kata Edwin di sela-sela acara Grand Launching PPOB di Bandung.

Layanan ini memudahkan jemaah masjid untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran, seperti pembayaran tagihan listrik PLN, iuran BPJS Kesehatan, produk Telkom, hingga tagihan PDAM.

Lebih lanjut, Edwin mengungkapkan, jemaah yang bertransaksi lewat layanan pembayaran berbasis teknologi online ini pun turut andil dalam memakmurkan masjid. Di sisi lain, masjid yang menjadi mitra PPOB BSM juga berkontribusi dalam memudahkan jemaah memenuhi kebutuhan pembayaran tagihan atau produk.

“Kami berharap dengan adanya PPOB berbasis masjid, jumlah loket PPOB BSM akan terus bertambah, dan memberikan keberkahan untuk semua,” tambahnya.

Program PPOB BSM sendiri dimulai sejak 2011. Saat ini jumlah loket PPOB BSM mencapai angka 16.000 loket, dengan 14 mitra bisnis sebagai koordinatornya. Sebanyak 20 masjid lainnya siap bekerja sama dengan BSM.

Sebagai wujud komitmen BSM membantu kemandirian masjid, BSM juga telah mengadakan “Sosialisasi Penguatan Ekonomi Umat Berbasis Masjid”, Jumat (16/9) lalu. Acara sosialisasi sekaligus edukasi strategi kemandirian masjid itu dihadiri oleh perwakilan-perwakilan masjid se-Bandung Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdalah Gifar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper