Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI REPO RATE: Tidak Berubah, Langkah BI Dinilai Tepat

Tebakan bankir atas pergerakan suku bunga kebijakan tepat, yakni BI 7-day (Reverse) Repo Rate ditetapkan tidak bergeming di level 4,75%.nnGundy Cahyadi, Economist Vice President Economic & Currency Research, menilai BI tak perlu lagi menurunkan suku bunga kebijakan. Menurut dia, transmisi penurunan penurunan suku bunga yang lalu akan benar-benar terasa pada 2017
./.Reuters
./.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Tebakan bankir atas pergerakan suku bunga kebijakan tepat, yakni BI 7-day (Reverse) Repo Rate ditetapkan tidak bergeming di level 4,75%.

Gundy Cahyadi, Economist Vice President Economic & Currency Research, menilai BI tak perlu lagi menurunkan suku bunga kebijakan. Menurut dia, transmisi penurunan penurunan suku bunga yang lalu akan benar-benar terasa pada 2017.

“Sepanjang tahun ini, BI sudah buat kebijakan moneter yang cukup untuk mengakomodir pertumbuhan ekonomi. Dampak signifikan baru akan terjadi pada 2017,” katanya kepada Bisnis, di Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Sentimen pasar diyakini lebih positif pada tahun depan terpacu aktivitas belanja pemerintah terutama di sektor infrastruktur. Hal ini, imbuh Gundy, bakal mendongkrak permintaan kredit perbankan. Dengan demikian, BI dinilai tak perlu lagi menyusutkan suku bunga kebijakan.

Berdasarkan hasil Rapat Dewan Gubernur, bank sentral memutuskan suku bunga kebijakan BI 7-day (Reverse) Repo Rate tetap di level 4,75%. Ini disertai dengan deposit facility 4% dan lending facility 5,50%. Keputusan itu sejalan dengan proyeksi kalangan perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper