Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Marein Raup Premi Rp907 Miliar Hingga September 2016

PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. telah merealisasikan 65% target pendapatan premi tahun ini yang diperkirakan bisa mencapai Rp1,5 triliun.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 08 Desember 2016  |  22:45 WIB
ilustrasi asuransi - thiksurance.com
ilustrasi asuransi - thiksurance.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. telah merealisasikan 65% target pendapatan premi tahun ini yang diperkirakan bisa mencapai Rp1,5 triliun.

Direktur Keuangan PT Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein) Yanto J. Wibisono mengatakan sampai dengan September 2016 premi bruto perseroan telah mencapai Rp907,04 miliar atau tumbuh 28.87% dari pendapatan premi pada periode yang sama tahun lalu yaitu Rp703,84 miliar.

“Kami optimistis target premi hingga akhir tahun ini bisa tercapai yang didorong oleh mulai efektifnya ketentuan regulator mengenai retensi dan dukungan reasuransi dalam negeri,” kata Yanto, Kamis (8/12/2016).

Dia menuturkan, target premi sebesar Rp1,5 triliun itu tumbuh 39,5% jika dibandingkan perolehan premi pada periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp1,07 triliun. Menurutnya, lini bisnis reasuransi jiwa menjadi penyumbang terbesar terhadap pendapatan premi perusahaan dengan kontribusi mencapai 70%, sedangkan lini bisnis reasuransi umum berkontribusi hingga 30%.

Selain itu, laba bersih perusahaan hingga September 2016 tercatat mencapai Rp80,28 miliar atau tumbuh 5,4%, jika dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun lalu dengan perolehan laba Rp76,17 miliar.

Menurutnya, dengan dibukukannya perolehan laba Rp80,28 miliar, maka realisasi laba hingga akhir tahun ini sudah mencapai sekitar 50%. Pasalnya, hingga akhir tahun perseroan menargetkan bisa membukukan laba Rp160 miliar.

“Kendati perolehan laba baru mencapai kisaran 50% sampai dengan kuartal ketiga tahun ini, kami optimistis bisa mengejar target, karena trennya biasanya memang ada peningkatan di akhir tahun,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Marein Robby Loho mengatakan untuk meningkatkan kapasitas perusahaan, perseroan berupaya meningkatkan modal dengan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk memperoleh izin aksi peningkatan modal melalui hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) tahap III.

Menurutnya, perusahaan akan menerbitkan 130 juta lembar saham dengan nominal Rp200 atau sebanyak-banyaknya 33,48% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh sebelum pelaksanaan PMHMETD III.

Adapun, komposisi kepemilikan saham Marein saat ini ialah sebesar Citibank Singapore A/C CBSG-UBP SA-GCSG2 (16,12%), PT Surya Mitra Prasarana Graha (6,31%), Standard Chartered Bank SG PVB Clients AC (5,07%), serta masyarakat dengan kepemilikan di bawah 5% (52,72%).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi marein
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top