Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KREDIT BANK: 2017, Bankir Menilai Peluang Turunnya Suku Bunga Terbatas

Suku bunga kredit perbankan diperkirakan sulit untuk turun lagi pada tahun ini
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA-- Suku bunga kredit perbankan diperkirakan sulit untuk turun lagi pada tahun ini.

Direktur Utama PT Bank Mayora Irfanto Oeij mengatakan hal ini antara lain disebabkan bank-bank masih menjaga marginnya.

"Bank menjaga margin sebagai antisipasi adanya peningkatan rasio kredit bermasalah yang masih memungkinkan naik di tahun ini," ujarnya kepada Bisnis.com, Sabtu (28/1/2017).

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Mayapada Tbk. Haryono Tjahrijadi menilai peluang untuk menurunkan suku bunga kredit tetap ada di tahun ini. Namun, sangat tergantung pada kondisi likuiditas ke depannya seperti apa.

“Walau demikian, kami berusaha untuk tidak menaikkan suku bunga kredit kami. Bahkan, masih berupaya menurunkan karena memang suku bunga kredit di pasar sudah cukup rendah,” katanya.

Untuk menyeimbangi potensi penurunan pendapatan bunga, emiten dengan kode saham MAYA ini bakal mengerahkan tenaga untuk meningkatkan pendapatan berbasis komisi (fee based income) melalui penjualan bancassurance & unit linked. Melalui upaya ini, diharapkan profitabilitas perseroan tidak akan terganggu.

Dia pun berharap suku bunga kredit perbankan secara industri tidak mengalami kenaikan pada tahun ini karena apabila suku bunga kredit bank naik, cita-cita menuju ke arah single digit bisa hilang.

“Harapan kami adalah dana-dana repatriasi bisa masuk lebih deras lagi menjelang akhir periode pada Maret tahun ini,” ujar Haryono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper