Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TIPS FINANSIAL: Lakukan 9 Cara Ini Untuk Mengelola Uang

Hampir setiap bulan, Anda seringkali mengalami hal yang sama, kehabisan uang sebelum tanggal gajian berikutnya. Anda juga kesulitan untuk menabung apalagi berinvestasi. Jika mengalami hal seperti ini, Anda terancam akan merasakan kondisi keuangan yang kurang sehat.
CekAja.com
CekAja.com - Bisnis.com 03 Februari 2017  |  14:50 WIB
TIPS FINANSIAL: Lakukan 9 Cara Ini Untuk Mengelola Uang
ilustrasi - JIBI/Rahmatullah

Hampir setiap bulan, Anda seringkali mengalami hal yang sama, kehabisan uang sebelum tanggal gajian berikutnya. Anda juga kesulitan untuk menabung apalagi berinvestasi. Jika mengalami hal seperti ini, Anda terancam akan merasakan kondisi keuangan yang kurang sehat.

Pada dasarnya, yang terpenting bukanlah berapa banyak pemasukan Anda, tetapi bagaimana Anda mengelola uang Anda. Berikut beberapa cara agar tak kehabisan uang setiap pertengahan bulan.

1. Hitung jumlah pendapatan

Ini berlaku terutama bagi Anda yang memiliki lebih dari satu sumber pemasukan. Jika Anda punya pendapatan pasif maupun usaha sampingan, coba totalkan jumlahnya. Jika penghasilan tambahan Anda tak menentu, gunakan angka rata-rata selama enam atau 12 bulan terakhir sehingga ada gambaran yang realistis.

2. Tetapkan batas pengeluaran yang realistis

Buatlah rincian anggaran bulanan yang harus Anda patuhi. Anda perlu menetapkan batas pengeluaran yang realistis, tujuannya agar tidak mudah melakukan pelanggaran. Selain untuk pengeluaran rutin, jangan lupa alokasikan uang untuk tabungan dan investasi serta dana darurat.

3. Autodebet

Cara ini akan sangat efektif untuk memaksa Anda menabung dan berinvestasi. Dengan autodebet, uang di rekening akan terpotong otomatis. Jika tidak begini, Anda akan terus membandel dan selalu ada alasan untuk tidak menyisihkan gaji.

4. Gunakan aplikasi untuk melacak pengeluaran

Banyak sekali orang yang tidak tahu kemana saja uang mereka pergi. Biasakan melacak setiap pengeluaran Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi yang tersedia untuk memudahkan melakukan hal ini. Anda kemudian dapat meninjaunya setiap beberapa hari atau setiap akhir minggu. Tujuannya agar Anda lebih mudah memangkas pengeluaran yang tidak perlu.

5. Pemburu harga hemat

Bukan berarti Anda harus membeli barang murah terus-terusan. Cobalah untuk lebih cerdas. Jadilah pemburu harga hemat. Ini akan terasa menyenangkan. Anda dapat melakukannya dengan cara mencoba tawaran di situs diskon, atau berlangganan newsletter dari toko online favorit sehingga tak kehilangan kesempatan mendapatkan harga spesial.

6. Tekan pengeluaran

Jika Anda sudah tahu kemana bocornya pengeluaran Anda selama ini, coba kurangi yang tidak perlu. Misalnya, dengan membawa bekal ke kantor dan membatasi kunjungan ke supermarket untuk mencegah menghabiskan uang tanpa rencana.

7. Cerdas dengan kartu kredit

Pada dasarnya jangan takut berbelanja dengan kartu kredit. Apalagi tujuannya adalah berburu promo, poin hingga cashbackyang menguntungkan. Karena dengan adanya poin dan cashback, Anda akan lebih hemat berbelanja. Yang perlu diingat adalah segera lunasi tagihan kartu kredit setiap bulan agar terhindar dari biaya keterlambatan dan bunga yang tinggi.

8. Jangan membeli barang mahal tanpa perencanaan matang

Jika sebelumnya Anda mudah sekali mengeluarkan uang untuk membeli smartphone baru, kini saatnya untuk berubah. Pikirkan berulang kali sebelum membeli barang mahal. Coba renungkan apakah Anda benar-benar membutuhkannnya? Jika jawabannya ya, rencanakan kapan waktu yang tepat untuk membelinya.

9. Kumpulkan uang kembalian

Anda seringkali terganggu dengan uang kembalian yang berupa recehan? Jangan sepelekan uang yang hanya berupa uang koin atau beberapa lembar ribuan. Cobalah menyimpannya setiap hari di tempat khusus. Lama kelamaan uang tersebut akan terkumpul dalam jumlah yang lumayan. Jika sudah mencapai ratusan ribu misalnya, Anda bisa menggunakannya untuk membeli sesuatu yang bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manajemen keuangan tips keuangan

Sumber : www.cekaja.com

Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top