Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA 2016: Bank Nagari Kantongi Laba Rp353 Miliar

PT BPD Sumatra Barat alias Bank Nagari mencatatkan perolehan laba Rp353 miliar sepanjang tahun lalu atau tumbuh 11,43% dari tahun 2015 yang mencapai Rp317 miliar.
Kantor pusat Bank Nagari di Padang Sumatra Barat/banknagari.co.id
Kantor pusat Bank Nagari di Padang Sumatra Barat/banknagari.co.id

Bisnis.com, PADANG—PT BPD Sumatra Barat alias Bank Nagari mencatatkan perolehan laba Rp353 miliar sepanjang tahun lalu atau tumbuh 11,43% dari tahun 2015 yang mencapai Rp317 miliar.

Direktur Utama Bank Nagari Dedy Ihsan menyebutkan pertumbuhan laba bersih itu merupakan capaian tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

“Sepanjang 2016, pencapaian laba bersih kami sebesar Rp353 miliar, tertinggi dalam beberapa tahun terakhir,” katanya, Selasa (14/2/2017).

Menurutnya, peningkatan laba itu diperoleh dari efisiensi yang dilakukan perseroan, tercermin dari penurunan rasio biaya operasional terhadap pencapatan operasional (BOPO) sebesar 0,59%.

Meski tidak turun signifikan BOPO sudah mencapai 81,22%, perseroan berkomitmen menurunkan BOPO hingga 75% untuk meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan pendapatan laba.

Adapun, secara keseluruhan bank milik pemda Sumbar itu mencatatkan pertumbuhan aset 6,67% dari Rp19,44 triliun menjadi Rp20,74 triliun.

Sedangkan penyaluran kredit hanya tumbuh 5,87% dari Rp14,50 triliun menjadi Rp15,36 triliun, dan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 7,22% menjadi Rp15,66 triliun dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp14,61 triliun.

Rasio kredit bermasalah atau nonperforming loan/NPL masih berada di bawah rerata industri sebesar 3,05%, dan ditargetkan di bawah 3% tahun ini.

Dedy menyebutkan masih ketatnya tekanan ekonomi sepanjang tahun lalu membuat sejumlah indikator kinerja industri tidak tumbuh optimal. Dan itu dirasakan seluruh perbankan di Tanah Air.

Meski begitu, untuk tahun ini dia mengaku lebih optimistis meski belum ada tanda perbaikan ekonomi yang signifikan. Namun, sejumlah kebijakan pemulihan ekonomi pemerintah diyakini perperan mendongkrak kinerja sektor keuangan.

Bank Nagari menargetkan pertumbuhan laba tahun ini di kisaran 11,15% dengan target pertumbuhan aset 10,5%, pertumbuhan kredit 10,5% dan pertumbuhan DPK 10,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper