BUMN Salurkan Dana CSR Rp36 Miliar di Jawa Tengah

Sebanyak 22 BUMN menyalurkan bantuan senilai Rp36 miliar kepada masyarakat Jawa Tengah. Selain itu, BUMN juga membangun sejumlah Balai Ekonomi Desa (Balkondes) dengan tujuan membantu perekonomian desa.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 22 April 2017  |  17:26 WIB
BUMN Salurkan Dana CSR Rp36 Miliar di Jawa Tengah
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri BUMN Rini Soemarno - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, MAGELANG--- Sebanyak 22 BUMN menyalurkan bantuan senilai Rp36 miliar kepada masyarakat Jawa Tengah. Selain itu, BUMN juga membangun sejumlah Balai Ekonomi Desa (Balkondes) dengan tujuan membantu perekonomian desa.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengatakan perusahaan milik negara bisa menjadi sarana untuk mengeksplorasi potensi di berbagai sektor ekonomi di Indonesia. Tujuannya adalah menggerakkan pertumbuhan ekonomi sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara kuat dan digdaya. 

“Saya sangat bangga melihat BUMN yang makin erat kekeluargaannya. Semoga keluarga BUMN dapat terus memberikan yang terbaik bagi Indonesia terutama untuk masyarakat desa agar kualitas kehidupan mereka pun bisa meningkat,” ujar Rini di Magelang, Sabtu (22/4/2017). 

Secara keseluruhan, BUMN secara bersinergi telah menyalurkan dana CSR melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) senilai lebih dari Rp3,5 triliun pada 2016. "Tahun ini, kami menargetkan dana PKBL bisa mencapai Rp5 triliun untuk kian meningkatkan partisipasi nyata BUMN bagi negeri," jelas Rini. 

Pemberian bantuan CSR ini merupakan  bagian dari rangkaian peringatan bersama hari ulangtahun BUMN periode Februari-April 2017. Ada berbagai bantuan yang telah disalurkan perusahaan-perusahaan pelat merah tersebut ke 30 kabupaten di Jateng seperti pendirian Balkondes, homestay, bantuan kemitraan untuk penangkaran bibit padi, UKM, dan industri kreatif, serta pavingisasi Pasar Johar Semarang. BUMN juga memberikan lewat bantuan melalui pembangunan rumah ibadah, pemberian bibit ikan, hingga penyediaan sarana mesin jahit bagi 15 UMKM di Kabupaten Boyolali. 

Rini mengungkapkan ke depannya BUMN akan terus bersinergi dan hadir di tengah masyarakat Indonesia. “Untuk itu, kami akan terus membangun semangat BUMN Hadir untuk negeri untuk menjadikan Indonesia menjadi negara digdaya,” jelas Rini. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Acara Penyerahan Bantuan CSR Jateng Maryono mengatakan BUMN berkomitmen tahun ini akan meningkatkan penyaluran CSR ke seluruh kabupaten di Jateng. Maryono yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. dan ketua Himpunan Bank Negara (Himbara) ini mengungkapkan Himbara juga akan menyalurkan CSR untuk kawasan wisata Puthuk Setumbu di Magelang. "Kami Himbara akan menyalurkan CSR senilai Rp1 miliar agar kawasan bersejarah ini akan kian menarik wisatawan datang ke tempat tersebut," tutur Maryono. 

Sebagai gambaran, perusahaan yang berulang tahun dalam periode Februari-April 2017 antara lain PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Perum Jasa Tirta 1, PT Angkasa Pura I (Persero), PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk., PT Bukit Asam (Persero) Tbk., PT Hutama Karya (Persero), PT Indah Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Kawasan Industri Makassar (Persero), dan PT Nindya Karya (Persero).

Selain itu, BUMN lain yang juga berulang tahun pada periode tersebut adalah Perum Perhutani, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Yodya Karya (Persero), PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), PT Istaka Karya (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT Pindad (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Taspen (Persero).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bumn

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top