Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maybank Indonesia Akhiri Perjanjian dengan Reliance. Ini Alasannya

PT Bank Maybank Indonesia Tbk. menegaskan transaksi perjanjian pembelian saham bersyarat atau conditional shares purchase agreement (CSPA) dengan PT Reliance Capital Management terkait akuisisi PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. sudah berakhir tanpa ada penyelesaian transaksi.
Maybank/bloomberg.com
Maybank/bloomberg.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Maybank Indonesia Tbk. menegaskan transaksi perjanjian pembelian saham bersyarat atau conditional shares purchase agreement (CSPA) dengan PT Reliance Capital Management terkait akuisisi PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. sudah berakhir tanpa ada penyelesaian transaksi.

Dalam keterangan resmi tertulis perseroan pada Jumat (5/5), pengakhiran CSPA telah sesuai dengan kondisi dan ketentuan yang tertuan dalam perjanjian.

Pengalihan saham Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) dari Maybank Indonesia kepada Reliance Capital Management yang ditargetkan dapat selesai pada kuartal I/2017 belum terpenuhi.

Lalu, transaksi CSPA itu pun diperpanjang sampai 30 April 2017 seperti, diatur dalam syarat yang berlaku dalam perjanjian tersebut. Namun,  sampai tenggat waktu perpanjangan yang sudah ditentukan, beberapa persyaratan pendahuluan belum dapat dipenuhi secara memuaskan dan sebagai konsekuensi transaksi telahberakhir pada 3 Mei 2017.

Pengakhiran CSPA antara Maybank Indonesia dengan Reliance Capital Management itu tidak memberikan dampak material terhadap kelangsungan usaha perseroan.

Sebelumnya, Reliance Capital Management mengaku informasi pembatalan transaksi CSPA untuk pembelian saham WOM Finance dari Bank Maybank Indonesia dinilai secara sepihak.

Head of Corporate Affairs Reliance Capital Management Gatot Subagio mengatakan, Bank Maybank Indonesia tidak mempunyai dasar hukum yang kuat untuk membatalkan transaksi CSPA tersebut. Pihaknya pun tidak menyetujui bila transaksi CSPA itu dibatalkan.

“Kami sudah menggunakan haknya sesuai dengan CSPA untuk memperpanjang masa berlakunya,” ujarnya.

Dia menyebutkan, rencana transaksi CSPA terkait pembelian saham WOM Finance yang dimiliki Bank Maybank Indonesia masih akan terus berlanjut.

“Kami masih bersedia dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Kami pun akan bernegosiasi dengan pihak Maybank Indonesia untuk menyelesaikan transaksi dengan baik,” sebutnya.

Adapun, transaksi CSPA antara Maybank Indonesia dengan Reliance Capital Management terkait pengalihan saham WOM Finance dilakukan pada awal tahun ini sebanyak 68,55% dari total saham yang setara  Rp673,77 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper