CCB Indonesia Tak Bagikan Dividen

PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk. (CCB Indonesia) tidak membagikan dividen dari laba bersih untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2016 sebesar Rp22,18 miliar.
Dini Hariyanti | 30 Mei 2017 17:45 WIB
Chairman of China Construction Bank (CCB) Wang Hongzhang (ketiga kanan), bersama Presiden Direktur CCB Indonesia Li Guo Fu (dari kiri), Deputi Gubernur Bank Indonesia Mirza Adityaswara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Duta Besar China untuk Indonesia Xie Feng, dan Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan Mulya E. Siregar, saat peluncuran CCB Indonesia di Jakarta, Jumat (24/2). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk. (CCB Indonesia) tidak membagikan dividen dari laba bersih untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2016 sebesar Rp22,18 miliar.  

Direktur Utama CCB Indonesia Li Guo Fu mengatakan, pihaknya tidak membagikan dividen lantaran hendak fokus untuk memperkuat modal untuk naik ke kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) 3. Oleh karena itu, sebanyak Rp21,68 miliar dari laba dipakai sebagai laba ditahan. 

“Kalau capital adequacy ratio terpakai untuk bisnis maka kami tingkatkan permodalan agar CAR tetap aman. Jadi, kami tidak bagikan dividen karena fokus kuatkan modal ke BUKU 3, kami targetkan naik kelas dalam tiga tahun paling cepat 2018,” ucapnya, Selasa (30/5/2017).

Direktur Keuangan Bank China Construction Bank Indonesia Adri Tiwitjahjo menuturkan, penguatan permodalan juga akan dilakukan melalui rights issue.

 "Saat kita butuh tambahan modal maka kantor pusat CCB Group siap tambah modal,” katanya.

Kebutuhan tambahan modal perseroan berkisar Rp2,5 triliun agar mencapai Rp5 triliun. Hal ini akan dipenuhi secara bertahap tergantung kepada kecepatan pertumbuhan bisnis.

Pada sisi lain, sebesar Rp500 juta dari laba yang diperoleh hendak digunakan sebagai cadangan wajib. Hal ini sesuai dengan ketentuan pasal 70 UU tentang Perseroan Terbatas No. 40/2007.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Bank China Construction Bank Indonesia atau CCB juga disetujui pengunduran diri salah satu direktur bernama Yang Xiao Jun. Selanjutnyapun hendak mengangkat Yang Aimin dan Qi Jiangong sebagai komisaris utama dan komisaris perseroan.

Tag : CCB Indonesia, china construction bank
Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top