Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspadai 3 Modus Kejahatan Dalam Transaksi Keuangan

Waspadai Bahaya ‘Typo Site’ Modus kejahatan typo site ini terbilang cukup unik dan seringkali tidak disadari oleh korbannya.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 08 Juli 2017  |  12:39 WIB
Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank Syariah Mandiri melalui websitenya menuliskan beberapa contoh modus kejahatan yang pernah terjadi pada transaksi.

1. Waspadai Bahaya ‘Typo Site’ Modus kejahatan typo site ini terbilang cukup unik dan seringkali tidak disadari oleh korbannya.

Caranya, pelaku membuat situs yang memiliki nama yang hampir serupa dengan situs resmi lainnya. Misalnya saja, sebuah situs resmi yang memiliki alamat di http://anakku.com/ dibuat samarannya dengan alamat http://anaku.com/. Nyaris tak bisa dibedakan.

2.Waspadai Penipuan Bermodus ‘Phising’ Phising, adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID & Password, PIN, nomor rekening bank Anda secara tidak sah.

Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah.

3. Waspadai ‘Keylogger’ Keylogger adalah suatu aplikasi atau software yang dapat mengunci tombol keyboard dengan menggunakan program logger tertentu. Sehingga, apapun yang diketikkan oleh user di layar monitor, dapat terekam. Artinya, meskipun saat mengetikkan Password di kotak Password yang tampil di monitor hanyalah ‘*****’ misalnya namun isi Password tersebut dapat terekam dan otomatis dapat terbaca.

Hasil rekaman ini akan langsung tersimpan pada komputer dan dikirimkan melalui internet kepada si pencuri data tersebut. Bisa lewat e-mail, IRC (Internet Relay Chat) atau bahkan bisa diamati langsung secara realtime melalui web.

Dengan adanya contoh-contoh kejahatan ini transaksi ini diharapkan nasabah lebih dapat berhati-hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kejahatan perbankan
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top