Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Siap Biayai LRT Jabodebek Rp2 Triliun

Bisnis.com, JAKARTA PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen akan ikut dalam kredit infrastruktur, salah satunya adalah pembiayaan proyek kereta ringan atau light rapid transit (LRT) Jabodebek.
BCA/Reuters-Beawiharta
BCA/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen akan ikut dalam kredit infrastruktur, salah satunya adalah pembiayaan proyek kereta ringan atau light rapid transit (LRT) Jabodebek.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan pihaknya akan ikut dalam kredit sindikasi dalam proyek-proyek yang dinilai feasible secara bisnis.

“Kami mungkin ikut, karena LRT dijamin pemerintah jadi harus ada subsidi pemerintah, kalau nggak, kan nggak feasible,” tuturnya usai paparan kinerja di Jakarta, Kamis (27/7/2017). 

Jahja memperkirakan nilai kredit yang akan dikucurkan oleh BCA dalam proyek kredit sindikasi ini adalah sekitar Rp2 triliun. Tenor kredit diperkirakan 10 tahun.

“Nggak mungin jangka pendek ini proyek subsidi. Jadi ini kan perlu minimal pendapatan minimal pengembalian agak berat jadi mungkin lebih dari 10 tahun,” tambahnya.

Adapun, target pertumbuhan kredit hingga akhir tahun BCA diproyeksikan akan menyentuh dua digit.

Sebelumnya, BCA mendukung pembiayaan proyek infrastruktur untuk pembebasan lahan proyek ruas tol Batang-Semarang oleh PT Jasamarga Semarang-Batang. 

Untuk pembiayaan itu, BCA bersama Bank Mandiri berkomitmen menyalurkan kredit sindikasi dengan total plafon pembiayaan sebesar Rp1,87 triliun yang dibagi secara merata antara dua bank tersebut. 

BCA juga telah bergabung dalam kredit sindikasi untuk pembangunan proyek kelistrikan yang dikerjakan PT Perusahaan Listrik Negara Persero (PLN). Porsi BCA untuk proyek itu sekitar Rp3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper