Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gangguan ATM, Ini Kronologi Terjadinya Masalah Satelit Telkom 1

Gangguan pada satelit telkom-1 telah membuat beberapa jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) beberapa bank offline sejak akhir pekan lalu. Bagaimana kronologis dari kejadian tersebut?
Surya Rianto
Surya Rianto - Bisnis.com 29 Agustus 2017  |  09:33 WIB
Gangguan ATM, Ini Kronologi Terjadinya Masalah Satelit Telkom 1
Galeri ATM BCA - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gangguan pada satelit Telkom-1 telah membuat beberapa jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) beberapa bank offline sejak akhir pekan lalu. Bagaimana kronologis dari kejadian tersebut?

Dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kejadian gangguan satelit sudah mulai bermula sejak Jumat 25 Agustus 2017 sore, saat itu terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran posisi antena satelit tersebut. Akhirnya semua layanan transponder Telkom 1 mengalami gangguan.

Keesokan harinya, satelit Telkom 1 mulai diperbaiki bersama Lockheed Martin sebanyak tiga kali. Namun, prosesnya mengalami kegagalan.

Pada Minggu (27/9/2017), telah dilakukan pemetaan secara menyeluruh untuk memindahkan layanan dari satelit Telkom 1 ke satelit 3s, dan satelit lainnya.

Adapun, kejadian itu membuat beberapa jaringan ATM yang menggunakan VSAT atau jaringan satelit yang terhubung dengan Telkom 1 mengalami offline karena tidak adanya koneksi, salah satunya jaringan ATM BCA.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja mengatakan, bank menggunakan satelit dalam jaringan ATM-nya, karena dahulu menggunakan jaringan telepon kabel dari segi biaya mahal, pasalnya harus bayar pulsa setiap transaksi.

Sebelumnya, Plt. Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik Anto Prabowo mengatakan, memang ada beberapa jaringan ATM di beberapa bank terdampak khususnya ATM yang memakai VSAT yang terhubung dengan satelit tersebut.

ATM ini umumnya berada di remote area, sedangkan sebagian besar ATM dan jaringan kantor bank yang umumnya sudah terhubung dengan fiber optic dipastikan tidak terkendala utk beroperasinya ATM dan layanan kantor cabang melayani masyarakat.

"OJK dan BI sedang berkoordinasi dengan pihak Telkom untuk langkah mitigasi agar seluruh layanan perbankan segera dapat beroperasi normal sepenuhnya," ujarnya dalam keterangan resmi pada Senin (28/8/2017).

OJK telah meminta bank melakukan mitigasi dan komunikasi publik memanfaatkan sarana komunikasi bank yang dapat dihubungi nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

atm
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top