Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SMF : Kebutuhan Perumahan Rp292 Triliun Per Tahun

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) memperkirakan ada sekitar 1,46 juta kebutuhan perumahan tiap tahunnya atau senilai Rp292 triliun dengan asumsi harga rumah Rp200 juta per unitnya.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) memperkirakan ada sekitar 1,46 juta kebutuhan perumahan tiap tahunnya atau senilai Rp292 triliun dengan asumsi harga rumah Rp200 juta per unitnya.

 

Direktur Manajemen Risiko dan Dukungan Kerja SMF Trisnadi Yulrisman mengatakan dengan jumlah penduduk sebanyak 258 juta orang dan pertumbuhan penduduk 1,36%, maka akan ada 880.000 kebutuhan rumah dari sisi pertumbuhan penduduk.

 

Backlog saat ini adalah 11,6 juta rumah, dan jika diselesaikan dalam 20 tahun maka per tahunnya sekitar 580.000 rumah. Jika ditambah dengan kebutuhan rumah dari sisi pertumbuhan penduduk sebanyak 880.000 rumah, total ada 1,4 juta rumah yang harus dibangun pertahunnya,” ujarnya dalam acara media gathering di Bandung, pekan lalu (6/10/2017).

 

Sedangkan untuk sisi supply, tutur Trisnadi, secara keseluruhan rumah yang dihasilkan di Indonesia baru menyentuh angka 400.000 unit per tahunnya. Angka tersebut tentu saja masih jauh jika merunut data sebelumnya.

 

Nah, disini ada peluang yang bisa diperankan oleh lembaga keuangan,” tuturnya.

 

Trisnadi merinci, saat ini ketersedian rumah yang dibangun secara swadaya dalam catatannya ada sekitar 150.000 unit rumah per tahunnya. Sedangkan, jumlah rumah yang dibangun pengembang ada sekitar 250.000 unit rumah setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Andry Winanto
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper