Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Permintaan Masih Loyo, Kredit Baru Tumbuh 3%

Bank Indonesia belum secara resmi kembali merevisi target kredit menjadi 7% - 9% dari sebelumnya 8% sampai 10%. Meskipun begitu, tren permintaan kredit memang belum menunjukkan geliat signifikan memasuki awal kuartal IV/2017.
Surya Rianto
Surya Rianto - Bisnis.com 02 November 2017  |  10:59 WIB
Permintaan Masih Loyo, Kredit Baru Tumbuh 3%
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo bersiap menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur di Jakarta, Selasa (22/8). Bank Indonesia (BI) akhirnya menurunkan suku bunga acuan BI 7-Days Reverse Repo Rate ke level 4,50 persen atau turun 25 bps dibandingkan bulan sebelumnya. ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank Indonesia belum secara resmi kembali merevisi target kredit menjadi 7% - 9% dari sebelumnya 8% sampai 10%. Meskipun begitu, tren permintaan kredit memang belum menunjukkan geliat signifikan memasuki awal kuartal IV/2017.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, untuk saat ini target kredit masih dipatok 8% sampai 10%

"Adapun, target kredit 7% - 9% itu dengan melihat kemungkinan target 8% - 10% tidak tercapai. Soalnya, secara year to date (ytd), pertumbuhan kredit masih sekitar 3%," ujarnya pada Kamis (2/11).

Agus menyebutkan, dengan melihat pencapaian secara ytd itu, pihaknya melihat ada kecenderungan yang tidak seperti diharapkan.

"Sampai Oktober 2017 masih ada kemungkinan tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengatakan, untuk permintaan kredit memang masih rendah. Harapannya, pada sisa tahun berjalan ini mulai tampak perubahan.

“Kalau sampai akhir tahun ini target kredit dari BI tumbuh sekitar 7% sampai 9%. Ini sudah diubah lagi dari yang 8% sampai 10%,” ujarnya.

Fili menuturkan, dari target itu, pihaknya melihat pada akhir tahun ini kredit perbankan bisa menembus perkiraan yang tertinggi, yaitu 9%.

“Kami sih lihat bisa tumbuh bias atas dari target tersebut,” tuturnya.

Adapun, revisi pertumbuhan kredit kali ini menjadi yang kedua kalinya pada tahun ini. Sebelumnya, BI merevisi target kredit 2017 menjadi 8% - 10% dari target awal sebesar 10% - 12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top