BRI Salurkan KUR Khusus Peremajaan Kebun Sawit di Sumut

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berkomitmen ikut serta dalam percepatan penyaluran dana peremajaan sawit rakyat (PSR) dan kredit usaha rakyat (KUR) khusus peremajaan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara.
Ropesta Sitorus | 27 November 2017 22:08 WIB
Dua orang petani meninjau perkebunan sawit milik mereka yang sudah berumur tua untuk mengikuti program 'replanting' di Desa Kota Tengah, Dolok Masihul, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin (27/11). Program replanting atau peremajaan sawit rakyat ini menjadi bukti dukungan pemerintah terhadap sektor kelapa sawit yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian petani sawit. ANTARA FOTO - Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berkomitmen ikut serta dalam percepatan penyaluran dana peremajaan sawit rakyat (PSR) dan kredit usaha rakyat (KUR) khusus peremajaan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara.

Program PSR dan launching KUR dengan skema khusus tersebut dilakukan pada Senin (27/11) di Desa Kota Tengah, Serdang Bedagai, Sumatera Utara bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP Kelapa Sawit), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemerintah daerah setempat.

Dana PSR dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP Kelapa Sawit) akan diberikan bersama dengan tabungan pekebun dan/atau pembiayaan, baik berupa KUR khusus peremajaan kebun kelapa sawit maupun berupa pinjaman/kredit komersial.

Adapun, KUR dengan skema khusus yang berlaku mulai 1 Januari 2018 tersebut diberikan dengan tingkat bunga 7% dengan tenor selama grace period (maksimal 5 tahun).

Saat ini terdapat 42 orang petani anggota dari Gapoktan Amanah di wilayah Serdang Bedagai dengan luas 53,55 Ha dan 79 orang petani anggota Gapoktan Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera (AJMS) di wilayah Labuhan Batu Selatan dengan luas lahan 157,136 Ha yang telah mendapatkan dukungan dana PSR dari BPDP Kelapa Sawit dan pembiayaan peremajaan dari Bank BRI.

“Pembiayaan peremajaan kebun kelapa sawit yang difasilitasi oleh Bank BRI tersebut adalah untuk melengkapi kekurangan biaya peremajaan pekebun, di mana sebagian dana yang diberikan bersumber dari dana hibah BPDP Kelapa Sawit sebesar Rp 25juta per hektar,” ujar Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso dalam keterangannya, Senin (27/11/2017).

Perseroan lewat unit kerja bank BRI yang tersebar di Sumatera Utara telah aktif melakukan sosialisasi program PSR dan KUR khusus peremajaan kebun sawit ke 12 kabupaten di Sumatera Utara.

Ke-12 kabupaten tersebut, yakni Serdang Bedagai, Langkat, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Asahan, Batubara, Simalungun, Labuhan Batu Utara, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Deli Serdang, dan Tapanuli Tengah memiliki potensi luas lahan sebesar 9.109,29 Ha.

Dengan asumsi per hektar mendapat dana Rp25 juta, BRI menargetkan penyaluran dana PSR di Sumut mencapai Rp227,72 miliar untuk lahan seluas 9.109,29 ha tersebut. Jumlah tersebut belum mencakup potensi penyaluran pembiayaan maupun KUR khusus.

Sementara itu, realisasi penyaluran KUR Bri per Oktober mencapai Rp60,32 triliun dengan jumlah total 3,2 juta debitur.

Tag : bri, kur
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top