Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kriteria Pengganti Gubernur BI Agus Martowardojo Menurut Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku belum ada pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo soal sosok pengganti Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo yang masa jabatannya akan habis pada Mei 2018.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 09 Januari 2018  |  17:55 WIB
Kriteria Pengganti Gubernur BI Agus Martowardojo Menurut Jusuf Kalla
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo bersiap menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur di Jakarta, Selasa (22/8). Bank Indonesia (BI) akhirnya menurunkan suku bunga acuan BI 7-Days Reverse Repo Rate ke level 4,50 persen atau turun 25 bps dibandingkan bulan sebelumnya. ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku belum ada pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo soal sosok pengganti Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo yang masa jabatannya akan habis pada Mei 2018.

“Belum ada (pembicaraan). Itu kan ada prosesnya,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Selasa (9/1/2018).

Wapres JK membeberkan sejumlah kriteria yang harus dimiliki oleh pengganti Gubernur BI. Selain harus berpengalaman dalam memimpin, Gubernur BI harus sangat memahami persoalan moneter, perbankan dan perekonomian makro.

“Intinya selama ini kan Gubernur BI harus mengerti tentang itu semua, dan yang pasti harus berpengalaman,” ujar JK.

Seperti diketahui, masa jabatan Agus sebagai Gubernur Bank Indonesia akan berakhir pada Mei 2018. Adapun, Agus masih berpeluang untuk kembali memperpanjang masa jabatannya.

Mantan menteri keuangan tersebut resmi menjabat sebagai Gubernur BI mulai 24 Mei 2013. Saat itu, dia merupakan calon tunggal yang diusulkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebagai informasi, pemilihan kandidat merupakan wewenang Presiden Jokowi. Nantinya, presiden akan mengusulkan kandidat pilihannya kepada Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gubernur bank indonesia
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top