Indonesia Ingin Punya Bank Syariah Skala Besar, Merger Jadi Pilihan?

Pemerintah berkeinginan agar Indonesia dapat memiliki bank syariah dengan skala yang besar sebagai bagian mengembangkan keuangan syariah.
Yodie Hardiyan | 06 Februari 2018 10:36 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro (kiri) berbincang dengan Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri), Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Ardan Adiperdana (kedua kanan) dan Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah (kanan) sebelum mengikuti rapat pleno Komite Nasional Keuangan Syariah di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (5/2). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah berkeinginan agar Indonesia dapat memiliki bank syariah dengan skala yang besar sebagai bagian mengembangkan keuangan syariah.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan bahwa skala bisnis bank syariah di Tanah Air saat ini cukup terbatas.

"Demikian juga kegiatannya [dari bank syariah itu] ," kata Bambang seusai rapat pleno Komite Keuangan Nasional Syariah di lstana Kepresidenan, Senin (5/2/2018).

Menurutnya, pemerintah berupaya agar Indonesia memiliki bank syariah berskala besar.

Bank BUMN, menurutnya, akan menggandeng swasta untuk mewujudkan hal tersebut. Seperti diketahui, sejumlah bank BUMN memiliki anak usaha berupa bank syariah.

Bambang mengatakan sejauh ini terdapat pemikiran mengenai penggabungan bank-bank syariah milik BUMN yang ada sekarang.

"Mergernya seperti apa, kita cari yang optimal. Yang penting hasil akhirnya, kita punya skala bank syariah skala besar," katanya.

Tag : bank syariah
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top