Bank BRI MocoSik Festival 2018 : Bukti BRI Dukung Industri Kreatif

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali mendukung event berskala nasional guna mendorong industri kreatif di Indonesia.
Nirmala Aninda | 20 April 2018 21:55 WIB

Bisnis.com, Yogyakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali mendukung event berskala nasional guna mendorong industri kreatif di Indonesia.

Bank BRI mendukung pagelaran bernama Bank BRI MocoSik Festival 2018 yang diselenggarakan selama tiga hari pada 20 April - 22 April 2018 dengan harga tiket Rp75.000 per hari.

MocoSik adalah festival tahunan yang dirancang untuk mempertemukan dua kultur yang berbeda, yakni buku dan musik, dalam satu panggung.

Kedua kultur yang masuk dalam ranah literasi budaya itu diringkas dalam satu ikatan akronim: MocoSik.

Dalam bahasa Jawa, “maca” atau “moco” artinya baca. Sedangkan “sik” diambil dari kata “musik”.

Kali ini Bank BRI MocoSik Festival 2018 mengusung tagline besar "merayakan buku dan musik".

Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto mengatakan dukungan BRI terhadap event MocoSik Festival 2018 merupakan langkah nyata perseroan mendukung perkembangan buku dan musik di Indonesia, yang notabene merupakan salah satu tulang punggung industri kreatif.

"Presiden Jokowi menyampaikan bahwa industri kreatif merupakan masa depan pertumbuhan ekonomi Indonesia karena memiliki potensi yang sangat besar, oleh karena itu Bank BRI ingin memberikan kesempatan bagi para pelaku industri kreatif untuk berkembang. Salah satunya melalui dukungan terhadap event-event berkelas seperti ini,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (20/4/2018).

Dalam acara ini panggung Buku mewujud dalam obrolan dan bazar, sementara musik adalah dialog dalam bunyi dan lirik.

“MocoSik itu membaca buku dalam acara musik yang asik. Kami merangkul dua dunia dengan pelakunya masing-masing. Ratusan penerbit dan pegiat buku diundang dalam bazar buku dan percakapan literasi di panggung. Sementara itu, di panggung Musik, hadir musisi-musisi papan atas, baik grup maupun solo,” ujar Founder MocoSik Festival, Anas Syahrul Alimi.

Bank BRI MocoSik Festival 2018 diselenggarakan di Jogja Expo Centre (JEC), Yogyakarta, MocoSik berlangsung selama tiga hari dengan 4 acara utama.

Antara lain pertunjukan musik, bazar buku, talkshow buku dan literasi serta pameran arsip dan seni rupa buku.

Di panggung pertunjukan musik, grup musik serta musisi yang akan tampil adalah Kahitna, Rio Febrian, Letto, Melancholic Bitch, Pure Saturday, Tulus, Tompi, Ten2Five, Frau, Neonomora, Slank, Glenn Fredly, dan Sirkus Barock.

Sementara itu di panggung buku dan literasi, para penampil bukan hanya dari sastrawan dan penulis, melainkan juga musisi, sutradara film, dan pegiat seni rupa.

Di antaranya Sapardi Djoko Damono, Seno Gumira Ajidarma, Aan Mansyur, Alia Swastika, Yovie Widianto, Kamila Andini, Garin Nugroho, dan Adib Hidayat.

Selain itu, ada pula nama-nama yang tak asing bagi publik sastra dan perbukuan Yogyakarta, seperti Afrizal Malna, Edy AH Iyubenu, Muhidin M. Dahlan, Mahfud Ikhwan, Iqbal Aji Daryono, dan Irwan Bajang.

Akan ada pula penampilan dari Jubing-Reda, Yovie Widianto, Semendelic dan Sri Krisna yang siap menggemparkan panggung talkshow untuk menampilkan kebolehan mereka dalam bermusikalisasi.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bri

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top