Juni 2018, Pelindo IV Emisi Obligasi Domestik Rp3 Triliun

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berencana mengemisi obligasi domestik hingga Rp5 triliun pada 2018.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 14 Mei 2018  |  15:50 WIB
Juni 2018, Pelindo IV Emisi Obligasi Domestik Rp3 Triliun
Alat pengangkut kontainer (Reach Stacker) dioperasikan untuk memindahkan kontainer ke atas truk, di Pelabuhan Cabang Makassar yang dikelola Pelindo IV, Selasa (20/2/2018). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com,JAKARTA — PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berencana mengemisi obligasi domestik hingga Rp5 triliun pada 2018.

Corporate Secretary Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Iwan Sjarifuddin mengungkapkan penerbitan obligasi akan dilakukan secara bertahap Rp3 triliun dan Rp2 triliun. Dengan demikian, total emisi akan mencapai Rp5 triliun.

“Obligasi domestik dan rencananya akan dieksekusi Juni 2018,” ujarnya kepada Bisnis, belum lama ini.

Iwan menjelaskan bahwa dana yang dihimpun lewat penerbitan surat utang tersebut akan digunakan untuk peningkatan fasilitas infrastruktur dan suprastruktur pelabuhan. Secara khusus, kucuran dana akan diberikan untuk Makassar New Port, Kendari New Port, Pelabuhan Pantolan, dan Pelabuhan Bitung.

Dia menyebut alasan perseroan menerbitkan obligasi domestik mengingat kupon yang ditawarkan lebih menarik. Apalagi, persyaratan yang berlaku dinilai lebih mudah.

Diberitakan Bisnis sebelumnya, Pelindo IV juga akan menggunakan dana penerbitan obligasi untuk melunasi pinjaman perbankan. Total utang yang bakal dilunasi mencapai Rp1,2 triliun.

Seperti diketahui, Pelindo IV telah mendapatkan peringkat AA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia pada 25 September 2017. Pemeringkatan tersebut berlaku sejak ditetapkan sampai dengan 1 September 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo iv

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top