BANK SENTRAL EROPA: ECB Bahas Skema Stimulus Hari Ini

Bank sentral Eropa, European Central Bank (ECB) akan menggelar rapatnya pada hari ini, Kamis (14/6/2018).
Linda Teti Silitonga | 14 Juni 2018 07:25 WIB
Bank sentral Eropa bahas soal stimulus hari ini. - .

Bisnis.com, JAKARTA- Bank sentral Eropa, European Central Bank (ECB) akan menggelar rapatnya pada hari ini, Kamis (14/6/2018).

Pasar menunggu hasil keputusan rapat untuk menjawab keingintahuan kalangan investor apakah ECB akan mengakhiri pembelian obligasi dalam jumlah besar pada akhir tahun atau berakhirnya era stimulus di tengah terjadinya pertumbuhan ekonomi di kawasan zona euro.

Pertemuan tersebut diprediksi akan membahas nasib pembelian obligasi sebesar 2,55 triliun euro (US$3 triliun), atau menunda keputusan tersebut hingga Juli.

Pasar melihat fokus kebijakan ECB akan bergeser ke penerapan suku bunga.

"Kami percaya ECB mungkin (akan) menutup bab QE (quantitative easing atau stimulus)," dikemukakan Bank of America Merrill Lynch dalam sebuah catatan kepada klien seperti dikutip Reuters, Kamis (14/6/2018).

Sementara itu imbal hasil obligasi Italia naik tajam bulan ini karena pemerintah baru berjanji meningkatkan pengeluaran.

Para pengamat memprediksi Gubernur ECB Mario Draghi pada hari ini mengumumkan kebijakan bank sentral Eropa yang akan mengakhiri program pembelian obligasi, menyusul situasi politik Italia mereda, seperti dikutip Bloomberg.

Tag : ecb
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top