BCA Setorkan Rp3,17 Triliun Uang Tunai ke Bank Indonesia, Diangkut 27 Truk

Bisnis.com, JAKARTA Selama periode operasional terbatas libur Lebaran, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menerima lonjakan transaksi setor tunai dari nasabah, yang kemudian disimpan di Bank Indonesia.
Ilman A. Sudarwan | 20 Juni 2018 16:37 WIB
Nasabah menggunakan ATM BCA di Jakarta - Reuters/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA — Selama periode operasional terbatas libur Lebaran Bank Indonesia 19 dan 20 Juni 2018, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menyetorkan uang tunai sebesar Rp18 triliun ke Bank Indonesia. Dana tersebut merupakan dana setoran tunai yang disimpan nasabah menjelang hari raya Idulfitri 1439 H. 

Direktur BCA Santoso mengatakan, pada hari ini Rabu (20/6/2018), sebanyak 27 truk diberangkatkan untuk menyetorkan uang tunai sebesar Rp3,17 triliun ke Bank Indonesia (BI). Uang tunai tersebut berasal dari setoran tunai nasabah BCA dari kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Dia menjelaskan, selama periode buka terbatas BI, setoran tunai yang dikirimkan BCA secara nasional pada 19 dan 20 Juni masing-masing berjumlah Rp5,8 triliun dan Rp12,25 triliun.

“Semua slot BI pada jam tertentu sampai harus digunakan hanya untuk menerima setoran dari BCA,” katanya kepada Bisnis, Rabu (20/6/2018).

Dia mengatakan, pada masa buka terbatas tersebut beberapa kantor cabang BCA dipadati oleh nasabah yang ingin melakukan setor tunai. Di beberapa kantor cabang, lanjutnya, para nasabah sampai mengular membuat antrean yang cukup panjang.

“Namun semua berjalan dengan baik dan tertib, sejauh ini nasabah senang. Terlihat dari kesaksian nasabah di sosial media yang kami pantau,” katanya.

Santoso mengatakan, tingginya arus uang yang disetor ini masih akan berlangsung hingga beberapa hari pasca libur Lebaran.

Tag : bca
Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top