Bank Mantap Siap Naikkan Bunga Deposito 50 Bps

PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) menyatakan tidak terlalu khawatir akan perebutan dana. Namun, bank milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. itu siap menaikan suku bunga dana untuk menjaga likuiditasnya.
Ropesta Sitorus | 03 Juli 2018 21:34 WIB
Bank Sinar berganti nama menjadi Bank Mantap - Bisnis.com/Kristianto

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) menyatakan tidak terlalu khawatir akan perebutan dana. Namun, bank milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. itu siap menaikan suku bunga dana untuk menjaga likuiditasnya.

Menurut Direktur Bank Mantap Nurkholis Wahyudi, dalam 2 bulan terakhir perseroan belum terdampak oleh kenaikan suku bunga karena masih memiliki cadangan pendanaan yang besar.

“Ini kami punya cadangan funding sebesar 1,5 kali kebutuhan booking bulanan,” katanya saat dihubungi terpisah.

Hubungan Bank Mantap dengan perusahaan induknya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. juga menguntungkan perseroan. Pasalnya, Bank Mantap dapat menjadi alternatif bagi nasabah Bank Mandiri yang menginginkan bunga dana yang lebih tinggi.

“Untuk bank BUKU II biasanya bunga selalu sedikit di atas bunga Buku III atau IV, sehingga masih dapat potensi,” ungkapnya.

Bank Mantap juga menyatakan akan menaikkan suku bunga. Namun, tindakan tersebut tidak akan dilakukan secara terburu-buru dan disesuaikan dengan kondisi perkembangan pasar.

Adapun, saat ini suku bunga simpanan yang ditawarkan Bank Mantap secara umum 6,50%, sedangkan untuk special rate diberikan hingga 7,25%. “Rencana kenaikan sekitar 50 bps, tapi besok akan dirapatkan,” tuturnya.

Langkah tersebut berisiko membuat margin menipis karena sebab bunga kredit tidak bisa serta merta naik mengikuti kenaikan bunga dana. “Kalau kredit kemungkinan tidak naik dalam waktu cepat, sehingga nanti margin bunga bersih kami yang tertekan,” kata Nurkholis.

Tag : Bank Mantap
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top