Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BUMN Disiapkan Miliki Unit Kegiatan untuk SDM Milenial

Kementerian BUMN mendorong  korporasi milik pemerintah untuk memperbesar ruang bagi generasi milenial guna mengoptimalkan investasi SDM berbasis digital.
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 22 November 2018  |  16:27 WIB
Ilustrasi - Reuters
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, MAKASSAR - Kementerian BUMN mendorong  korporasi milik pemerintah untuk memperbesar ruang bagi generasi milenial guna mengoptimalkan investasi SDM berbasis digital.

Hambra, Deputi Bidang Pengembangan Infrastruktur Bisnis Kemen BUMN, mengatakan langkah tersebut dinilai menjadi sebuah instrumen stategis dalam menghadapi tantangan industri jangka panjang yang seluruhnya bermuara pada aspek digital.

Dia menerangkan, penguatan peran milenial dalam kerangka bisnis berkelanjutan BUMN dilakukan melalui lini human capital pada korporasi dengan pola akselerasi talent.

"Sekarang ini kami mendorong BUMN untuk mempercepat proses akselerasi talent. Sehinga nantinya, komposisi SDM sudah maksimal diisi oleh milenial potensial. BUMN membutuhkan sumber daya yang kreatif, dengan kemampuan digital leadership," katanya usai membuka Sharing Session Forum Human Capital Indonesia  (FHCI), Kamis (22/11/2018).

Menurut Hambra, investasi BUMN pada aspek human capital juga diharapkan selaras dengan proses bisnis korporasi sehingga mampu mengadopsi secara penuh konsep transformasi digital.

Saat ini, lanjut dia, kementerian juga tekah mengeluarkan edaran bagi BUMN agar mendirikan sebuah unit khusus ataupun wadah yang diperuntukkan bagi kelompok milenial.

 Kemudian ada pula dorongan terhadap BUMN agar menjadikan milenial sebagai mitra strategis korporasi yang bisa diimplementasikan secara nyata pada aktivitas berbagai lini.

 Untuk skala lebih tinggi, papar Hambra, Kementerian BUMN segera menerapkan persyaratan tambahan bagi calon direksi BUMN yakni diwajibkan melek digital.

 

"Kami akan buatkan persyaratan tambahan bagi calon direksi BUMN, mulai dari seberapa jauh perhatiannya terhadap digitalisasi hingga bagaimana perencanaan untuk pengembangan human capital berbasis digital. Itu memungkinkan pula jadi persyaratan mutlak," urai dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumn
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top