Laba Stagnan, Bank Danamon Cari Sumber Pendapatan Baru

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. pada sisa tahun ini dan sepanjang tahun depan hendak mendiversifikasi sumber pendapatan. Hal tersebut seiring dengan stagnasi pertumbuhan laba sepanjang 9 bulan pertama tahun ini.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 04 Desember 2018  |  13:25 WIB
Laba Stagnan, Bank Danamon Cari Sumber Pendapatan Baru
Karyawan melayani nasabah di Kantor Cabang Bank Danamon, Jakarta, Jumat (28/4). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Danamon Indonesia Tbk. pada sisa tahun ini dan sepanjang tahun depan hendak mendiversifikasi sumber pendapatan. Hal tersebut seiring dengan stagnasi pertumbuhan laba sepanjang 9 bulan pertama tahun ini.

Direktur Keuangan Bank Danamon Satinder Ahluwalia menjelaskan bahwa kenaikan laba akan tertahan karena perseroan berupaya membangun pondasi untuk pertumbuhan berkelanjutan.

“Kami berinvestasi terutama pada franchise pendanaan dan meningkatkan layanan digital melalui kerja sama dengan institusi terkemuka,” katanya kepada Bisnis, pekan lalu.

Dia menjelaskan, diversifikasi sumber pendapatan akan dilakukan melalui peningkatan layanan nasabah, serta penerapan solusi berbasis teknologi digital yang komprehensif.

Namun, hal ini belum dapat dirasakan langsung. Per September 2018, pendapatan non-bunga turun 7% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp2,43 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan publikasi, emiten bank berkode BDMN ini pada kuartal III/2018 mencetak laba bersih setelah pajak senilai Rp3,2 triliun. Apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, pertumbuhan pendapatan hanya 0,9%.

Kinerja tersebut kontras dengan capaian 2016 dan 2017. Secara berurutan, bank yang lebih dari 70% sahamnya dimiliki oleh pemodal asing ini membukan pertumbuhan laba sebesar 34,5% yoy dan 20,1% yoy.

Selain investasi untuk pertumbuhan berkelanjutan, stagnasi laba disebabkan oleh strategi konsolidasi internal dalam beberapa tahun terakhir. Satu di antaranya adalah pembersihan dan penagihan kredit mikro Danamon Simpan Pinjam (DSP) dengan total portofolio mencapai Rp3,5 triliun per akhir September 2018 lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank danamon

Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top