Himbara dan Pertamina Matangkan Pembentukan QR Code

Himpunan bank milik negara (Himbara) tengah memproses pembentukan platform pembayaran berbasis quick response (QR) code dengan menggandeng badan usaha milik negara lainnya seperti Pertamina dan Telkom.
Ropesta Sitorus | 10 Januari 2019 08:28 WIB
Ilustrasi: ATM Himbara - tv.bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Himpunan bank milik negara (Himbara) tengah memproses pembentukan platform pembayaran berbasis quick response (QR) code dengan menggandeng badan usaha milik negara lainnya seperti Pertamina dan Telkom.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kartika Wirjoatmodjo menyatakan rencana pembentukan platform pembayaran tersebut masih dalam proses pematangan. 

"Dari sisi payment ada rencana bank BUMN dan beberapa BUMN seperti Pertamina dan Telkom membentuk satu financial technology baru yang nanti akan fokus pada sistem pembayaran berbasis QR. Sudah disepakati dan rencananya akan dimatangkan, semoga pada kuartal 1/2019 akan di-launching," katanya di Jakarta, belum lama ini.

Terpisah, Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menambahkan pembentukan platform pembayaran itu berpotensi membuat layanan fintech bank pelat merah yang ada saat ini digabungkan sehingga sistemnya semakin efisien. 

"Itu QR code masing-masing bank Himbara digabung jadi satu platform. Mungkin nanti akan dipilih satu sistemnya untuk jadi core," kata Rohan.

Lebih lanjut, kata Rohan, sistem pembayaran berbasis QR code hasil kerja sama tersebut nantinya akan digunakan antara lain untuk memudahkan transaksi di SPBU. 

Tag : QR code
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top