Kredit BRI Tumbuh 14,1%, Segmen UMKM Jadi Tulang Punggung

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 14,1% secara tahunan menjadi Rp 843,6 triliun. Segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi kontributor terbesar dan sekaligus tulang punggung pertumbuhan.
Muhammad Khadafi | 30 Januari 2019 19:47 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 14,1% secara tahunan menjadi Rp 843,6 triliun. Segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi kontributor terbesar dan sekaligus tulang punggung pertumbuhan.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan bahwa perseroan akan terus menggejot komposisi kredit UMKM. Pada 2022 BRI menargetkan UMKM menyumbang 80% terhadap total penyaluran pembiayaan.

“Tahun ini akan tumbuh berkelanjutan dengan fokus pada pemberdayaan UMKM dan mendorong literasi dan inklusi keuangan ke seluruh penjuru negeri untuk menjalankan fungsi sebagai agent of development,” katanya dalam paparan kinerja kuartal IV/2018 di kantor BRI, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Berdasarkan laporan publikasi perseroan, segmen kredit UMKM melaju di atas total pertumbuhan pembiayaan. Pada akhir 2018 BRI menyalurkan Rp645,7 triliun pada segmen ini dengan pertumbuhan sebesar 15,5% yoy. Hal itu membuat sumbangsihnya terhadap total penyaluran pembiayaan perseroan pun naik dari 75,6% pada 2017 menjadi 76,5%.

Namun, kredit ritel dan menengah masih adalah satu segmen yang melaju paling kencang tahun lalu. realisasi penyaluran sebesar Rp240,6 triliun atau naik 17,3% yoy.

Sementara itu segmen mikro dan konsumer tumbuh dengan persentase yang hampir serupa. Keduanya, masing-masing, naik 14,5% dan 14,1%. Pada tahun lalu segmen mikro dan konsumer berkontribusi sebesar 32% dan 15,5%.

Kontras dengan yang lain, segmen korporasi tumbuh satu digit. Penyaluran kredit dengan plafon besar ini naik 9,8% yoy menjadi Rp197,9 triliun.

Adapun pada tahun ini BRI menargetkan pertumbuhan tahunan kredit serupa dengan tahun lalu, atau sekitar 12%—14%. Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo mengatakan, perseoran optimistis dapat mendukung pertumbuhan tersebut dengan penghimpunan dana yang memadai.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bri, kredit umkm

Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup