Lippo General Insurance (LPGI) Lanjutkan Kerja sama dengan BPJS Kesehatan

PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI) kembali melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam skema layanan koordinasi manfaat atau Coordination of Benefit (CoB) pada 2019.
Oktaviano DB Hana | 01 Februari 2019 18:49 WIB
Calon pasien menunggu antrean di RSUD Jati Padang, Jakarta, Senin (7/1/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Lippo General Insurance Tbk. kembali melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam skema layanan koordinasi manfaat atau Coordination of Benefit (CoB) pada 2019.

Presiden Direktur PT Lippo General Insurance Tbk. mengakui pada 2018 pihaknya memang tidak melanjutkan kemitraan, kendati pada tahun sebelumnya telah bekerja sama.

Dia menjelaskan emiten asuransi kerugian dengan kode saham LPGI ini tidak melanjutkan kerja sama pada tahun lalu lantaran menunggu klarifikasi dari BPJS Kesehatan tentang sejumlah perubahan dalam ketentuan CoB.

"Pada tahun 2019 ini, Lippo Insurance sudah menjalankan skema CoB lagi," ungkapnya kepada Bisnis, Jumat (1/2/2019).

Agus mengatakan pihaknya telah menerima penjelasan yang diharapkan dari BPJS Kesehatan. Dengan begitu, LPGI melanjutkan kemitraan CoB itu dengan badan penyelenggara program Jaminan Kesehatam Nasional atau JKN itu.

Kendati begitu, dia enggan merincinkan sejumlah penjelasan yang diminta pihaknya kepada BPJS Kesehatan. "Kami sudah menerima klarifikasi. Detailnya menyangkut hal teknis," jelas Agus.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan menyatakan bahwa 12 dari 15 asuransi kesehatan tambahan (AKT) yang menjadi mitra dalam skema CoB sudah memperpanjang kerja sama untuk masa 2019.

Budi Muhammad Arif, Deputi Direksi Bidang Jaminan Pelayanan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, mengakui bahwa pada tahun lalu pihaknya bekerjasama dengan 15 AKT untuk skema tersebut. Menurutnya, sebagian besar perusahaan tersebut telah memperpanjang kerja sama.

Selebihnya, pihaknya masih menunggu kabar dari mitra-mitra tersebut. “Ada memang [AKT] yang belum memberikan kabar kepada kami. Tiga [AKT] kalau tidak salah,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (30/1/2019).

Di samping itu, Budi mengklaim bahwa BPJS Kesehatan sudah menambah mitra baru, yakni sebanyak 5 AKT, untuk skema tersebut. Semua perusahaan tersebut pun telah menandatangani kesepakatan.

Tag : asuransi, bpjs kesehatan
Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top