Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinar Mas Multiartha (SMMA) Akuisisi 15% Saham SMS Finance

Sinar Mas Multiartha (SMMA) mengakuisisi 15% saham PT Sinar Mitra Sepada Finance (SMS Finance) senilai Rp96,19 miliar.
Sinar Mas Multiartha (SMMA)
Sinar Mas Multiartha (SMMA)

Bisnis.com, JAKARTA - Sinar Mas Multiartha (SMMA) mengakuisisi 15% saham PT Sinar Mitra Sepada Finance (SMS Finance) senilai Rp96,19 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, emiten berkode SMMA ini melakukan pembelian saham sebanyak 82.500 lembar saham seri A dan 1.42 miliar lembar saham seri B dengan jumlah pembelian senilai Rp96,19 miliar pada Kamis (21/3).

“Tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta penting terhadap perseroanbaik kepada kegiatan operasional, kondisi keuangan, proyeksi keuangan, dampak hukum, maupun kelangsungan usaha,” ujar Direktur Utama SMMA Doddy Susanto, seperti dikutip dari keterbukaan informasi, Kamis (21/3).

Jumlah penyertaan modal tersebut tidak melebihi 20% dari ekuitas perusahaan sehingga penyertaan modal tersebut tidak bersifat material.

SMMA mengakuisisi 15% saham yang awalnya dimiliki oleh PT Padma Terang Sentosa sebagai mitra lokal. Mayoritas saham SMS Finance masih dikuasai oleh Orix Corporation asal Jepang sebesar 85%.

SMMA merupakan induk usaha dari perusahaan di sektor jasa keuangan yang dimiliki Sinarmas Group. Dengan adanya akuisisi saham ini, Sinar Mas Multiartha memiliki tujuh anak usaha yang bergerak di bidang multifinance yang terdiri dari PT Sinar Mas Multifinance, PT AB Sinar Mas Multifinance, PT Sinarmas Hana Finance, PT OTO Multiartha, PT Summit Oto Finance, dan PT Century Tokyo Leasing Indonesia.

Belum lama ini, keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia juga menginformasikan bahwa SMMA telah ikut memodali PT SGMW Multifinance Indonesia (Wuling Finance) pada Oktober 2018. Kepemilikan SMMA di Wuling Finance mencapai 19% atau senilai Rp38 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper