Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Danamon Rilis PPR Syariah Skema Akad Modal Bersama

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. melalui Unit Usaha Syariah meluncurkan produk Pembiayaan Pemilikan Rumah atau PPR Syariah Akad MMQ.
Nasabah bertransaksi di Bank Danamon, Makassar, Selasa (29/8/2017)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Nasabah bertransaksi di Bank Danamon, Makassar, Selasa (29/8/2017)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Danamon Indonesia Tbk. melalui Unit Usaha Syariah meluncurkan produk Pembiayaan Pemilikan Rumah atau PPR Syariah Akad MMQ.

PPR Syariah dengan Akad MMQ ini dapat digunakan untuk pembiayaan properti rumah, ruko, atau rukan baru ataupun bekas, properti indent, pembiayaan kavling siap bangun, juga Kredit Multiguna pembiayaan (KMG). Selain itu, dapat digunakan untuk pembiayaan refinancing atau take over.

Adapun akad Modal Bersama atau Musyarakah Mutanaqisah atau MMQ adalah pembiayaan dengan skema kerja sama modal untuk pembelian properti. Pendapatan atas kerja sama tersebut dibagihasilkan kepada nasabah dan digunakan untuk membeli porsi modal bank secara bertahap sesuai jangka waktu.

Direktur Syariah Bank Danamon Herry Hykmanto mengatakan pembayaran angsuran oleh nasabah akan digunakan untuk membeli porsi modal bank secara bertahap sehingga porsi modal nasabah meningkat. Pada akhir masa pembiayaan, porsi modal nasabah menjadi 100% sehingga properti menjadi milik nasabah sepenuhnya.

Sementara itu, menurut data Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2015, jumlah kekurangan pasokan perumahan di Indonesia atau backlog di Indonesia mencapai 7,6 juta unit. Perbankan diharapkan mampu mengurangi defisit perumahan tesrsebut menjadi 5,4 juta unit rumah di tahun ini.

"Hal tersebut menjadi salah satu alasan Bank Danamon untuk membantu memudahkan masayarakat Indonesia dalam mewujudkan impian masyarakat untuk dapat memiliki rumah sendiri," ungkapnya melalui siaran pers pada Sabtu (6/4/2019).

Herry menambahkan perseroan pun terus berupaya menyediakan solusi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia, khususnya yang memenuhi aspek dan prinsip syariah.

Produk ini merupakan salah satu alternatif yang akan dipasarkan melalui seluruh saluran distribusi Bank Danamon yang membuka layanan syariah.

Sisi lain, perseroan mendukung kegiatan Expo Perbankan Syariah melalui iB Vaganza Balikpapan. Pada kegiatan ini Bank Danamon berperan aktif sebagai panitia penyelenggara bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan dan Pemerintahan Kota Balikpapan.

Expo Perbankan Syariah “iB Vaganza Balikpapan” diisi dengan beberapa kegiatan edukasi talk show seputar perbankan syariah, peluncuran beberapa produk perbankan syariah dan hiburan yang menarik seperti dimeriahkan oleh aneka lomba Tarian Tradisional, Lomba Mewarnai Anak dan Lomba Musik Tradisional serta dan Lomba Fashion Show Industri Perbankan Syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper