Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segera IPO, Bank Sumut Siap Lepas 40 Persen Saham

PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara berencana untuk melakukan penawaran saham perdana kepada publik di Bursa Efek Indonesia demi mempercepat peningkatan permodalan perseroan.
Bank Sumut/banksumut.com
Bank Sumut/banksumut.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara berencana untuk melakukan penawaran saham perdana kepada publik di Bursa Efek Indonesia demi mempercepat peningkatan permodalan perseroan.

Rencana IPO tersebut disepakati dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 12 April 2019 lalu, sebagaimana disampaikan dalam publikasi hasil RUPST/RUPSLB.

“Menyetujui rencana initial public offering (IPO) dan persetujuan perubahan anggaran dasar dari perseroan terbatas (PT) tertutup menjadi perseroan terbatas (PT) terbuka,” demikian disampaikan Direksi.

Persetujuan penjualan saham baru Bank Sumut berkisar 20% hingga 40% dari modal disetor setelah IPO. Adapun untuk harga kisaran IPO masih akan dibahas oleh dewan komisaris bersama direksi dalam diskusi lanjutan.

Ketika dikonfirmasi, DIrektur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo masih belum memberikan respons terkait waktu pelaksanaan IPO serta total nilai saham yang akan dilepaskan.

Pelepasan sebagian saham ke publik kali ini merupakan strategi perseroan untuk meningkatkan modal dasar dari semula Rp2 triliun menjadi Rp5 triliun.

Rincian komposisi kepemilikan saham yakni Saham Seri A sebesar 400 juta lembar saham dengan nominal Rp10.000 atau total sebesar Rp4 triliun diperuntukkan untuk saham Pemeriintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Se-Sumatera Utara.

Sisanya, saham Seri B sebesar 100 juta lembar saham dengan nominal Rp10.000 atau senilai total Rp1 triliun diprioritaskan untuk masyarakat, baik perusahaan maupun perseorangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper