Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembiayaan Fintech Syariah Tak Banyak Berubah saat Ramadan

Pembiayaan yang disalurkan industri teknologi finansial atau tekfin syariah dinilai tidak meningkat signifikan pada bulan Ramadan dan menjelang lebaran. Hal tersebut membuat non performing loan atau NPL tidak mengalami peningkatan.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 07 Mei 2019  |  04:37 WIB
Pembiayaan Fintech Syariah Tak Banyak Berubah saat Ramadan
Financial Technology (Fintech) - channelasia

Bisnis.com, JAKARTA – Pembiayaan yang disalurkan industri teknologi finansial atau tekfin syariah dinilai tidak meningkat signifikan pada bulan Ramadan dan menjelang lebaran. Hal tersebut membuat non performing loan atau NPL tidak mengalami peningkatan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) Ronald Yusuf Wijaya kepada Bisnis, Senin (06/05/2019). Dia menjelaskan tidak terdapat peningkatan pembiayaan yang signifikan meskipun konsumsi masayarakat cenderung meningkat menjelang lebaran.

Menurut Ronald, perusahaan tekfin syariah cenderung memberikan pembiayaan yang produktif sehingga tidak terpengaruh signifikan oleh peningkatan konsumsi masyarakat. Meskipun begitu, menurutnya terdapat anggota AFSI yang memberikan pembiayaan konsumtif, meskipun tidak banyak jumlahnya.

"Jujur banyak pengusaha yang mendapat berkah pada Ramadan, banyak usaha kecil, menengah, dan mikro [UKM] yang meminta pembiayaan karena menyambut Ramadan, tapi tidak ada peningkatan signifikan dari sisi pembiayaan oleh tekfin syariah," ujar Ronald.

Dia pun menjelaskan, hal tersebut membuat pinjaman macet atau NPL tidak mengalami peningkatan, terlebih NPL yang dicatatkan industri tekfin syariah relatif rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

syariah fintech
Editor : Akhirul Anwar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top