Pentingnya Asuransi Kendaraan Selama Mudik

Sebelum memulai perjalanan mudik, banyak orang yang mempersiapkan diri mulai dari biaya mudik, menjaga kesehatan, hingga oleh-oleh. Namun diantara persiapan tersebut, tidak banyak yang mempersiapkan asuransi. Padahal asuransi, terutama asuransi kendaraan sangat penting dalam perjalanan mudik.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 29 Mei 2019  |  11:13 WIB
Pentingnya Asuransi Kendaraan Selama Mudik
Asuransi kendaraan bermotor menjadi salah satu lini penopang pertumbuhan asuransi umum - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum memulai perjalanan mudik, banyak orang yang mempersiapkan diri mulai dari biaya mudik, menjaga kesehatan, hingga oleh-oleh. Namun diantara persiapan tersebut, tidak banyak yang mempersiapkan asuransi. Padahal asuransi, terutama asuransi kendaraan sangat penting dalam perjalanan mudik.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance, menjelaskan, ada banyak manfaat dari asuransi kendaraan selama mudik. Diantaranya yaitu, mengurangi biaya tambahan karena Anda tidak perlu membuat anggaran tambahan atas kemungkinan risiko yang timbul selama perjalanan.

"Risiko yang kemungkinan terjadi selama mudik bisa diminimalisir dengan perlindungan asuransi, Anda sudah membayarkan premi setiap bulan atau tahunnya untuk menjaga kendaraan tersebut. Jadi tidak perlu menyiapkan dana tambahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan," ujar Julian dalam keterangan persnya.

Dia menjelaskan pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik juga dikarenakan adanya kemudahan penanganan kendaraan di saat darurat. Anda bisa menghubungi layanan bantuan yang tersedia di perusahaan asuransi tersebut apabila kendaraan Anda terkena masalah selama perjalanan mudik.

Julian melanjutkan, pemudik juga perlu memiliki asuransi kendaraan karena rawan terjadi kecelakaan. Dia mengatakan, volume kendaraan menjelang mudik biasanya meningkat sehingga membuat jalanan semakin padat dan tingkat kecelakaan meningkat. Kementerian Perhubungan mencatat, kasus kecelakaan di jalur darat mencapai 1.289 kasus pada 2016 lalu.

Tingginya tingkat kehilangan kendaraan selama perjalanan mudik juga menjadi penyebab seseorang harus memiliki asuransi kendaraan. Kendaraan bermotor menjadi salah satu barang yang kerap hilang karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Mereka umumnya mengincar mobil atau motor yang kurang pengawasan dari pemiliknya untuk dicuri.

Asuransi bisa menjadi jawaban dari risiko ini karena dalam asuransi sudah ada perlindungan untuk kehilangan yang lebih dikenal dengan perlindungan Total Loss Only (TLO) yang melindungi kendaraan yang dibawa mudik maupun yang ditinggal di rumah selama mudik.

Penyebab lain pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik adalah karena tingkat kerusakan kendaraan yang tinggi. Pasalnya, perjalanan mudik biasanya menempuh jarak yang cukup jauh dan kerusakaan kendaraan tidak dapat diprediksi.

Tanny Megah Lestari, Business Division Development Head Adira Insurance, menambahkan, pihaknya mempersiapkan layanan emergency road assistance seperti bantuan derek, jumper, bantuan penggantian ban, kendaraan terkunci secara tidak sengaja, dan berbagai fasilitas rescue lainnya.

Dengan melihat manfaat asuransi di atas, masyarakat diharapkan semakin melek terhadap asuransi, terutama asuransi kendaraan. Sejauh ini, Tanny menilai, minat masyarakat terhadap asuransi kendaraan cukup tinggi.

Hingga kuartal I-2019, total premi asuransi kendaraan di Adira Insurance mencapai Rp422 miliar, bertumbuh 12 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dari nilai premi tersebut, asuransi kendaraan roda empat masih mendominasi pendapatan premi dengan nilai Rp248 miliar dan bertumbuh 2 persen year on year (yoy). Sementara asuransi kendaraan roda dua mencatatkan pertumbuhan premi 29 persen (yoy) ke angka Rp174 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
asuransi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top