Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Semester II/2019, Fintech Julo Ekspansi Jangkauan

PT Julo Teknologi Finansial, perusahaan pinjam meminjam langsung berbasis teknologi atau financial technology (fintech) dengan brand Julo, bakal meningkatkan penetrasi ke seluruuh wilayah Indonesia pada semester II/2019.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 25 Juni 2019  |  10:26 WIB
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA – PT Julo Teknologi Finansial, perusahaan pinjam meminjam langsung berbasis teknologi atau financial technology (fintech) dengan brand Julo, bakal meningkatkan penetrasi ke seluruuh wilayah Indonesia pada semester II/2019.

Kenneth Kou, Head of Product Julo, mengatakan hingga saat ini pihaknya sudah masuk ke berbagai kota besar di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan sejumlah kota lainnya di luar Pulau Jawa, termasuk Medan dan Manado. Pada paruh kedua tahun ini, sebut dia, pihaknya akan meningkatkan ekspansi dengan masuk ke berbagai kota lainnya.

“Rencana ekspansi adalah ke seluruh Indonesia pada semester kedua ini. Saat ini Julo hanya ada di kota-kota besar,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (24/6/2019).

Kenneth menjelaskan pihaknya bakal membuka layanan seluas-luasnya dengan menjangkau seluruh wilayah. Julo, sebut dia, akan mulai masuk ke wilayah dengan tingkat rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) rendah.

Di samping itu, pihaknya bakal mempertimbangkan permintaan pembiayaan di wilayah tersebut.

“Kalau untuk karakteristiknya, pertimbangan kami buka awalnya dari [wilayah] yang NPL-nya rendah. Kemudian juga berdasarkan permintaan dari wilayah tersebut.”

Kendati belum merincikan total penyaluran pembiayaan, Kenneth menjelaskan pihaknya hingga saat ini sudah memberikan kredit kepada lebih dari 100.000 nasabah. Julo menyalurkan pembiayaan tunai atau cash loan dalam dua jenis produk.

Pertama, jelas dia, adalah Julo Cicil, yang merupakan pinjaman dengan kisaran Rp2 – Rp8 juta dengan tenor 3 – 6 bulan.

“Dan Julo Mini, [pembiayaan] Rp500.000 – Rp1 juta dengan tenor 1 bulan.”

Kenneth menjelaskan pada November 2018 pihaknya berhasil memenangkan penghargaan Microenterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nation Capital Development Fund (UNCDF) bekerja sama dengan UN-Pulse Lab Jakarta. Melalui penghargaan ini, Julo dipercaya untuk menyalurkan dana untuk pengusaha mikro wanita di Indonesia.

Dana penghargaan tersebut, jelasnya, telah disalurkan kepada 505 nasabah Julo untuk kebutuhan bisnis.

“Hampir semua dari nasabah tersebut adalah fulltime worker yang memiliki usaha sampingan. Mereka memilih meminjam di Julo karena mengalami kesulitan mengajukan pinjaman melalui bank. Pinjaman yang diterima oleh nasabah Julo berkisar antara Rp1,9 juta hingga Rp4 juta dengan durasi pengembalian 3 hingga 6 bulan. Mereka mengaku bahwa pinjaman tersebut digunakan untuk membeli bahan baku dan modal kerja.”

Menurut Kenneth, kesuksesan menjalankan program ini mendorong pihaknya untuk terus menyalurkan dana kepada lebih banyak pengusaha mikro. Julo, sebut dia, konsisten untuk menyediakan pinjaman bunga rendah kepada pengusaha mikro untuk membantu meningkatkan taraf hidup.

Visi itu, jelasnya, sejalan dengan misi Julo mendukung 75% target inklusi keuangan pemerintah.

“Sudah terbukti dalam sejarah di seluruh dunia bahwa memberikan pinjaman kepada perempuan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Wanita terbukti berinvestasi lebih banyak untuk keluarga dan anak-anaknya. Karena kedua hal ini, kami percaya bahwa kerjasama dengan UNCDF untuk menjangkau pengusaha mikro wanita adalah jalan yang tepat untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,” jelas Kenneth.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fintech
Editor : Anggi Oktarinda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top