Dukung Program Literasi Keuangan OJK, Axa Mandiri Sasar Anak Penyandang Autisme

Axa Mandiri menggelar CR Week 2019 untuk mendukung pemberdayaan dan edukasi literasi keuangan bagi anak-anak penyandang autisme dan masyarakat berkebutuhan khusus.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 05 Juli 2019  |  09:04 WIB
Dukung Program Literasi Keuangan OJK, Axa Mandiri Sasar Anak Penyandang Autisme
Karyawan AXA Mandiri bertindak sebagai relawan CR Week 2019 saat mendampingi anak-anak penyandang autisme dalam gelaran CR Week 2019 di Gunung Putri, Bogor pada Kamis (4/7 - 2019).

Bisnis.com, JAKARTA — PT AXA Mandiri Financial Services menggelar CR Week 2019 untuk mendukung pemberdayaan dan edukasi literasi keuangan bagi anak-anak penyandang autisme dan masyarakat berkebutuhan khusus.

Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma menjelaskan, CR Week dilaksanakan oleh grup AXA di seluruh dunia dalam waktu bersamaan. Pada tahun ini, AXA menyoroti tiga hal untuk kegiatan CR, yaitu perubahan iklim, kesehatan dan inklusi sosial.

Dia menjelaskan, kelompok masyarakat kalangan disabilitas menjadi salah satu sasaran target program Literasi dan Inklusi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), termasuk masyarakat berkebutuhan khusus seperti penyandang autisme.

"Pada CR Week kali ini, AXA Mandiri menggandeng yayasan Rumah Autis sebagai upaya mendukung pemberdayaan kalangan berkebutuhan khusus untuk membantu mereka mendapatkan masa depan yang lebih baik, sesuai dengan tujuan perusahaan yaitu empower people to live a better life,” ujar Handojo pada Kamis (5/7/2019) dalam keterangan resmi.

Tahun ini, AXA Mandiri menyelenggarakan CR Week di sekitar Rumah Autis Gunung Putri, Bogor pada 3–4 Juli 2019. Para relawan melakukan pendampingan kepada anak-anak penyandang autisme dalam membuat kerajinan tangan.

Direktur AXA Mandiri Henky Oktavianus menambahkan bahwa selain melakukan pendampingan kepada anak-anak penyandang autisme, turut dilakukan kegiatan literasi keuangan kepada guru dan orangtua anak-anak penyandang autisme.

“Kami berharap dengan pendekatan dan cara yang tepat, literasi keuangan kepada masyarakat, khususnya kepada orangtua dan guru anak-anak penyandang autisme dapat bermanfaat dalam membantu mereka mencapai kehidupan masa depan yang lebih baik,” ujar Henky.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Rumah Autis Ismunawaroh menjelaskan, program tersebut diharapkan dapat membantu pegembangan pendidikan dan keterampilan para penyandang autisme.

Merujuk pada Incidence and Prevalence Autism Spectrum Disorder (ASD), terdapat 2 kasus baru per 1000 penduduk per tahun, serta 10 kasus per 1000 penduduk (BMJ, 1997).

Dengan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 237,5 juta dan laju pertumbuhan penduduk berkisar 1,14%, maka diperkirakan penyandang ASD di Indonesia sebanyak 2,4 juta orang dengan pertambahan penyandang baru 500 orang/tahun.

Menurut Handojo, CR Week 2019 yang berfokus kepada penyandang autisme sejalan dengan kebijakan pemerintah yang telah meratifikasi United Nations Convention on the Rights of Persons with Disabilities (UNCPRD) pada 2011.

Pemerintah berkomitmen terhadap kesetaraan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, termasuk dalam mengakses layanan keuangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
csr, axa mandiri

Editor : Emanuel B. Caesario
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top