Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Perluas Temu Bisnis Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Bank Indonesia (BI) memperluas skema temu bisnis (business matching) usaha syariah kepada investor dan pelaku usaha syariah untuk mendorong terciptanya ekosistem rantai nilai halal dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Senin (25/2/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Senin (25/2/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, PALEMBANG – Bank Indonesia (BI) memperluas skema temu bisnis (business matching) usaha syariah kepada investor dan pelaku usaha syariah untuk mendorong terciptanya ekosistem rantai nilai halal dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Hal tersebut menjadi salah satu fokus penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) 2019 di tingkat regional.

Melalui model bisnis halal value chain, BI tidak hanya mendorong keterhubungan antara local value chain dari pengembangan usaha syariah di domestik, namun juga ke tingkat yang lebih tinggi dalam lingkup global halal value chain.

“Tujuannya untuk meningkatkan ekspor, serta menghadirkan alternatif produk untuk substitusi impor,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo dalam sambutan pembukaan FESyar Regional Sumatera di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (2/8/2019).

Fesyar Regional Sumatra yang mengangkat tema “Penguatan Ekonomi Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional” akan berlangsung selama 3 hari, mulai 2-4 Agustus 2019 di Palembang.

Adapun, rangkaian acaranya meliputi 3 (tiga) kegiatan utama, yaitu sharia forum, sharia fair dan business matching.

Budi menuturkan, kegiatan tersebut diharapkan dapat terus mendorong para pelaku ekonomi syariah bersama para pengambil kebijakan untuk terus memperkuat pengembangan dan implementasi ekonomi syariah yang selama ini telah dilakukan di berbagai wilayah Sumatera.

Pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut berpotensi semakin meningkat sejalan dengan posisi Sumatera yang berada pada persimpangan antarberbagai negara, rencana pengembangan kawasan industri halal di pulau Batam dan Bintan, serta wisata halal di Kepulauan Riau dan Sumatra Barat, yang merupakan 2 dari top 10 destinasi wisata halal di Indonesia.

Penyelenggaraan Fesyar Regional Sumatra merupakan rangkaian menuju Fesyar Indonesia 2019 yang akan diselenggarakan pada bulan November di Surabaya.

Fesyar Regional Sumatera merupakan Fesyar pertama dari rangkaian Fesyar di tingkat regional. Di regional Sumatra, pelaksanaan FESyar telah diawali dengan agenda Pra-FESyar (Road to FESyar) di berbagai kota di regional Sumatra.

Selanjutnya, Fesyar ke-2 akan diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan yang terakhir yakni Fesyar ke-3 untuk regional Jawa yang sekaligus menjadi Fesyar tingkat Nasional di Surabaya.d

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper