RDG Agustus 2019, BI Diprediksi Pertahankan Suku Bunga Acuan

Bank Indonesia diperkirakan masih akan mempertahankan suku bunga acuan alias BI7-Days Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada level 5,75%, dalam RDG Agustus 2019.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 21 Agustus 2019  |  11:04 WIB
RDG Agustus 2019, BI Diprediksi Pertahankan Suku Bunga Acuan
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Tengah) bersama dengan Dewan Gubernur BI sebelum menggelar jumpa pers hasil Rapat Dewan Gubernur BI Juli 2019 di Jakarta, Kamis (18/7/2019). Bisnsis - Gloria F.K Lawi

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank Indonesia diperkirakan masih akan mempertahankan suku bunga acuan alias BI7-Days Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada level 5,75%, dalam RDG Agustus 2019.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 21-22 Agustus 2019 ini diperkirakan tidak akan menurunkan suku bunga acuan atau BI7-Days Reverse Repo Rate (BI7DRR).

Lana menjelaskan, alasan utama bank sentral mempertahankan suku bunga acuan karena rupiah dalam beberapa pekan terakhir cukup fluktuatif.

Selain itu defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) pada kuartal II/2019 juga melebar dari 2,6% menjadi 3,0% dari PDB.

"Selain itu bank sentral juga masih akan menunggu sinyal The Fed berikutnya," terang Lana kepada Bisnis.com, Rabu (21/8/2019).

Dia menyatakan peluang pelonggaran kebijakan makroprudensial juga masih belum pasti.

Apalagi, Bank Indonesia masih harus menghitung dampak setelah pelonggaran makroprudensial beberapa waktu lalu yakni relaksasi Giro Wajib Minimum (GWM) dari 6,5% menjadi 6%.

"Maka untuk sementara saya kira belum ada [kebijakan makroprudensial] karena sudah dilakukan sebelumnya," ungkap Lana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
suku bunga acuan

Editor : Achmad Aris
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top