Bank Muamalat dan BMM Renovasi Masjid serta Bangun Rumah Terdampak Banjir di Sulawesi

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. bersama Baitulmaal Muamalat (BMM) melakukan renovasi masjid melalui Program Benah-Benah Masjid. kegiatan tersebut berlangsung di wilayah terdampak banjir yang melanda Kabupaten Konawe dan Konawe Utara, Sulawesi Tenggara pada Juni 2019.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 23 Agustus 2019  |  23:45 WIB
Bank Muamalat dan BMM Renovasi Masjid serta Bangun Rumah Terdampak Banjir di Sulawesi
Foto udara kondisi banjir bandang yang merendam rumah warga di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/6/2019). - ANTARA/Oheo Sakti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. bersama Baitulmaal Muamalat (BMM) melakukan renovasi masjid melalui Program Benah-Benah Masjid. kegiatan tersebut berlangsung di wilayah terdampak banjir yang melanda Kabupaten Konawe dan Konawe Utara, Sulawesi Tenggara pada Juni 2019.

Total jumlah bantuan yang diberikan melalui melalui Program Benah-Benah Masjid senilai Rp1,6 miliar. Program dilaksanakan pada 12 masjid yang terdampak banjir di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Chief Executive Officer Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan masjid merupakan fasilitas umum yang memiliki nilai penting di masyarakat. Selain sebagai sarana ibadah, masjid juga berfungsi sebagai sarana untuk musyawarah dan silaturahmi antarwarga.

“Semoga dengan bantuan ini masyarakat dapat kembali beribadah dengan nyaman. Dengan demikian jalan masyarakat Konawe untuk berhijrah dengan meningkatkan kualitas ibadah bisa semakin baik,” ujar Permana, dalam keterangan resmi, Jumat (23/8/2019).

Selain Masjid Nurul Jihad yang sudah rampung direnovasi, dua masjid lain dalam tahap perbaikan yaitu Masjid Bambu Taubat dan Masjid Nurul Huda di Kecamatan Pondidaha. Sedangkan pembenahan sembilan masjid lainnya akan dilakukan secara bertahap.

Selain di Konawe, Bank Muamalat dan BMM membangun 180 unit rumah untuk korban gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah senilai Rp4,6 miliar. Peresmian program ini dilakukan pada 20 Agustus 2019 di Desa Oti, Kabupaten Donggala.

Permana mengutarakan rumah tersebut dibangun dengan konsep recycle house, yakni menggunakan bahan bangunan sisa bagian rumah para penerima manfaat. Program yang diberi nama Rumah Harapan ini sudah ditempati para penerima manfaat di Desa Saloya, khususnya di Dusun VI Tuampana dan VII Tobesule.

Selain bantuan rumah, Bank Muamalat dan BMM membangun satu unit madrasah sebagai sarana pendidikan dan pengembangan dakwah masyarakat sekitar.

Mengingat masih banyak masyarakat yang tinggal di tenda-tenda pengungsian dan kekurangan bahan kebutuhan pokok, BMM menjalankan kembali Program Dusun Zakat Muamalat Donggala yang ke-2 di Desa Marana, Kecamatan Sindue dan Desa Oti di Kecamatan Sindue Tobata, Donggala.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjir, bank muamalat

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top